Manfaatkan Rumah Kosong untuk Bisnis Guest House

Guest House atau rumah tamu menjadi salah pilihan bisnis yang cukup menarik dalam memanfaatkan properti (rumah atau gedung) yang masih nganggur (tidak terpakai). Jika anda memiliki rumah kosong atau kamar yang tidak terpakai, maka tiada salahnya menyulapnya menjadi rumah tamu atau guest house.

Fungsinya hampir mirip seperti hotel penginapan, dimana anda menyewakan bangunan tersebut kepada orang-orang yang mungkin tengah membutuhkan tempat menginap untuk 1 atau 2 hari. Dengan mengubah fungsi properti yang nganggur tersebut, anda akan memperoleh income harian.

guest house
Misalnya saja di kota-kota besar, harga sebuah rumah dengan dua kamar disewakan per tahun sekitar Rp 25 juta. Sementara ketika dijadikan guest house dengan sistem sewa harian sebesar Rp 150.000 per kamar, maka potensi pendapatan yang akan diperoleh sebesar Rp 300.000 per hari, atau 9 juta per bulan.

Dengan asumsi terisi hanya 50%, maka dalam setahun, omset yang bisa diperoleh adalah sebesar 50 jutaan rupiah. Dua kali lebih besar dari sewa kontrak per tahun.

rumah tamu

Selain itu, ada beberapa bisnis tambahan yang bisa dioptimalkan untuk melengkapi bisnis sewa rumah tamu tersebut, seperti usaha makanan, jasa laundry, dan usaha yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan para tamu anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait