Ibu Rumah Tangga yang Sukses Usaha Pecel via Internet

Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa dunia maya dapat menjadi salah satu batu loncatan untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Bukan hanya produk digital, fashion, dan elektronik saja yang  bisa dipasarkan secara online, kini para pengusaha kuliner, bahkan pemilik usaha makanan tradisional pun ikut merambah dunia internet. Salah satunya adalah Aminah (34 thn), seorang wanita asal Sambikerep, kota Surabaya, Jawa Timur, yang melakoni bisnis jual pecel via online.

Ibu rumah lulusan SMP tersebut berhasil menjual makanan tradisional Pecel Semanggi dengan omset jutaan rupiah tiap harinya.

Aminah mengaku bahwa berjualan pecel merupakan usaha keluarga yang telah dilakukannya secara turun temurun. Nenek dan ibunya dulu telah jualan keliling pecel Semanggi dengan cara digendong. Kini, para pelaku usaha jualan pecel Semanggi gendong sudah semakin jarang, sehingga Aminah melakukan inovasi dengan memasarkannya melalui media internet.

Pecel Semanggi adalah makanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar daun semanggi. Penyajiannya dilengkapi dengan bahan dan bumbu tambahan, seperti kecambah, daun kangkung yang disirami dengan bumbu pecel bersama campuran ketela rambat. Saat disantap, pecel Semanggi akan tambah enak jika ditambahi pelengkap berupa kerupuk gendar atau puli.

Berbekal hasil dari kegiatan pelatihan UKM, Aminah mencoba keberuntungan bisnisnya dengan menjual produk pecel kemasan yang praktis untuk para konsumen. Satu paket pecel dijual dengan harga Rp 25.000 - Rp 75.000, yang dikemas berupa bentuk daun semanggi kering dalam kemasan plastik. Konsumen cukup menyeduh daun semanggi kering tersebut dengan air panas, kemudian diangkat lalu dicampur dengan bumbu pecel yang telah dikemas pada wadah tertutup.

Di bawah bendera UKM Bina Makmur, Aminah memulai usaha jualan pecel Semanggi secara online sejak tahun 2015 lalu melalui beberapa situs pemasaran jual beli online, seperti OLX dan BukaLapak. Sejak memasarkan produk kulinernya di internet, omset pendapatannya melonjak tajam hingga mencapai 3 jutaan per hari. Apakah anda sudah memasarkan produk bisnis anda di internet? Ingat, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia kian hari kian bertambah, dan hal ini adalah pangsa pasar yang potensial. Salam kerja dan usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait