Bisnis Unik Idul Adha, Salon Kambing dan Jasa Pijat Sapi

Guna menarik minat pembeli, para pelaku usaha jual beli hewan potong (kurban) memanfaatkan jasa salon hewan. Seorang penjual hewan potong yang sering mangkal di pasar hewan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah mengaku telah biasa memakai jasa mempercantik hewan yang akan dijualnya. Seorang penyedia jasa mempercantik hewan kurban bernama Suhardi, tiap tahun menjelang hari raya Idul Adha selalu kebanjiran order dari para pedagang hewan potong kurban. 

Dalam aktivitasnya, ia tak hanya memotong dan membersihkan kuku si kambing, tetapi juga menyisir bulu-bulu hingga merapikan tanduk yang patah. Suhardi mengaku telah melakoni profesi ini selama 6 tahun. Namun terkadang ia masih menemui kesulitan menghadapi kambing yang stress.

salon hewan kurban kambing
Salah satu pemilik dan pedagang kambing yang bernama Ahmad juga sering memakai jasa Suhardi. Dirinya ingin mempercantik penampilan kambing dagangannya agar terlihat bersih dan menarik, sehingga harga jualnya pun dapat meningkat.

Dalam sehari Suhardi bisa menyelesaikan pesanan mempermak hewan ternak sebanyak 15 sampai 20 ekor ternak, khususnya kambing. Tarifnya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per ekor, tergantung tingkat kesulitan perawatannya.

Berbeda dengan Suhardi yang menyediakan jasa salon kecantikan kambing, di salah satu lapak penjualan hewan kurban di kawasan Binjai - Sumatera Utara, terdapat jasa pijat hewan. Untuk menjaga kesehatan dan vitalitas hewan kurban, para pemilik dan pedagang hewan kurban menyewa jasa tukang pijat sapi, yang bernama Pak Ubi Johan.

Aktivitas jasa pemijatan sapi diperuntukan pada sapi-sapi yang terlihat lelah, karena sapi tersebut didatangkan dari Aceh. Rata-rata sapi menempuh waktu hingga 12 jam dari Aceh ke kota Binjai. Pemijatan dimulai dari kepala, badan, hingga kaki. Untuk setiap satu ekor sapi, Johan mematok harga mulai dari 10-20 ribu rupiah per ekor.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait