Bagaimana Cara Menabung dengan Gaji Pas-pasan?

Banyak orang yang menyatakan sulit untuk menabung dengan gaji yang pas-pasan. Anggapan ini tidak selamanya benar dan juga tidak selalu salah. Jika anda mendapatkan gaji yang pas-pasan, anda sebenarnya anda bisa melakukan kegiatan investasi (menabung), asal bisa disiplin menerapkan pembagian keuangan anda. Berikut ini disajikan tips sederhana dalam mengupayakan kegiatan menabung secara rutin tiap bulannya, meskipun jumlah gaji yang anda terima pas-pasan.

1. Memilih Bank atau Lembaga Keuangan yang Tepat
cara menabung gajiLangkah awal untuk melakukan misi menabung tersebut adalah memilih secara cermat lembaga keuangan untuk mendepositkan uang anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk menginvestasikan uang anda di bank kecil atau bank yang baru berdiri karena biasanya mereka menyelenggarakan promo-promo menarik untuk menarik nasabah baru, seperti bunga yang lebih tinggi, atau hadiah menarik lainnya. Dengan cara ini, anda akan lebih bersemangat untuk menabung.

2. Atur Anggaran dengan Cermat
Jika anda tidak memiliki rencana keuangan yang tepat, maka dapat dipastikan anda tidak bisa menabung secara rutin. Jika anda sudah punya rencana, maka anda punya gambaran mengenai alokasi anggaran keuangan anda serta melakukan pemotongan terhadap anggaran yang dinilai tidak perlu.

3. Cobalah Tabungan Otomatis
Cara yang juga bisa anda tempuh agar bisa menabung secara rutin tiap bulannya meskipun gaji anda kecil adalah dengan memanfaatkan layanan auto debit atau menabung secara otomatis. Dengan cara ini, maka pihak perbankan akan langsung melakukan pemotongan terhadap sejumlah gaji yang anda terima yang besarnya sesuai dengan keinginan anda. Bila Anda tidak takut memanfaatkan fitur tersebut, Anda akan merasakan hal yang mengejutkan, dimana ternyata kualitas hidup Anda tidak terlalu banyak berubah dan berpengaruh meskipun gaji anda telah dipotong untuk ditabung. Satu tahun kemudian anda akan tidak menyangka tatkala mendapati jumlah tabungan yang lumayan.

4. Stop atau Kurangi Makan di Luar
Sesekali makan di sebuah restaurant atau rumah makan bersama orang tercinta adalah hal yang bagus untuk menemukan suasana dan rasa baru. Namun, jika terlalu sering akan membuat kantong menjadi "bolong". Mulailah manfaatkan dapur anda untuk berkreasi membuat sajian makanan yang enak seperti menu di restaurant favorit anda.

5. Nonton Film di Rumah
Jika dipikir-pikir, nonton acara film di bioskop sebenarnya cukup memboroskan anggaran finansial anda, apalagi jika dilakukan bersama keluarga (rame-rame). Selain itu, sering juga terjadi pengeluaran tambahan, seperti beli snack atau makanan ringan.

Oleh karena itu, agar anda bisa tetap menyisihkan uang gaji anda, maka manfaatkan tv anda untul menonton film. Jika ada film baru, ada baiknya cukup dengan merental VCD / DVD, baik itu layanan offline maupun online.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait