5 Pilihan Aplikasi CAD Terbaik

CAD merupakan akronim dari Computer-aided drafting and design program. Aplikasi CAD memiliki peran penting dalam bidang teknik sipil, desain grafis, arsitektur, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan tugas penciptaan gambar atau proyeksi objek tertentu. Dengan memakai perangkat lunak ini, kita akan menjadi lebih mudah dalam menggambar atau menghasilkan ilustrasi model yang tepat, sehingga orang lain dapat lebih mudah memahami apa yang menjadi ide dan konsep pada sebuah proyek pekerjaan.

Di pasaran, ada banyak jenis produk aplikasi CAD yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mulai dari fitur, fungsionalitas, hingga varian harga. Berikut ini disajikan beberapa aplikasi CAD yang beredar di pasaran dan tentunya bisa menjadi alternatif kebutuhan anda.

aplikasi cad1. Sketchup Pro 8
Sketchup Pro adalah aplikasi Cad yang simple namun merupakan alat (tool) yang powerful untuk membuat desain 3D. Mudah untuk dipelajari dan sangat intuitif saat digunakan. Harganya sekitar $590.

2. AllyCAD Software 
Aplikasi CAD ini merupakan salah satu yang paling user friendly. Dibuat oleh perusahaan software AllyCAD dan didesain untuk dijalankan pada komputer Windows. Harga AllyCAD Software hanya $74.

3. TurboCaD Pro Platinum
Aplikasi CAD ini merupakan produksi IMSI/Design  LLC, dan dianggap sebagai solusi terbaik untuk para profesional karena kecepatan teknologinya dalam membuat model 2D/3D. Tak heran jika harganya cukup mahal yakni sekitar $1.600.
4. ZWCAD+
ZWCAD+ dibuat oleh ZWCAD Software Co. Ltd, dan didesain untuk dijalankan pada sistem operasi Windows dan Mobile. Selain fitur dasar, seperti editor 2D geometric objects, dimensioning, dan 3D solid, ZWCAD juga dilengkapi dengan beragam fitur yang inovatif, kolaboratif, efisien.

5. DraftSight
Aplikasi CAD yang dibuat oleh Dassault Systemes Americas Corporation ini dapat anda gunakan gratis selama 30 hari. Pengguna komputer dengan sistem operasi Windows, Mac (iOS) buatan Apple, dan juga yang berbasis Linux juga dapat mendownload aplikasi ini di situs DraftSight.com. Aplikasi CAD ini banyak digunakan oleh siswa dan tenaga pengajar dengan langkah pembuatan desain 2D yang lebih baik dan menyimpannya dalam DWG files.

Demikianlah review singkat mengenai lima pilihan aplikasi CAD. Beberapa pilihan lain yang bisa anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan anda antara lain: IronCAD, ViaCAD 2D/3D, Edificius, BricsCAD, NX, Solvespace, Catia, ArchiCAD, SolidWorks, RealCAD, Solid Edge ST8, DesignCAD 3D Max, Qcad 2.2, SpaceClaim Engineer, Cobalt, FreeCAD, CGS Revit Tools, HiCAD, PTC Creo Elements/Direct, BRL-CAD, TurboCAD, AutoDesk, Advance Design, Advance Steel, Advance Concrete, DataCAD, DDS-CAD Architect & Construction, Form-Z, MicroStation V8i, ProgeCAD, VariCAD, Vectorworks, MacDraft Professional, GrabCAD, PHD 3D, VisualARQ, CorelCAD, Salome, IDEA Architecture, PowerCADD, OpenSCAD, Microsurvey PointPrep, Coins, Drawing Express, FineELEC, Rhinoceros, 4MCAD, Caddie, CMS IntelliCAD, dan Digital Project.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait