3 Kualitas Calon Pengusaha Sukses versi HT

Sosok Hary Tanoesoedibjo (HT) mungkin sudah cukup familiar di telinga anda. Ia adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Di bawah payung bisnis MNC Group, ia memiliki banyak perusahaan dengan bidang bisnis yang berbeda, mulai dari sektor media, keuangan, dan lain sebagainya. Pengalaman hidup dan perjalanan bisnisnya menjadi seorang pengusaha memang pantas untuk dijadikan inspirasi.

Para lulusan perguruan tinggi yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha juga bisa mempelajari perjalanan hidup seorang Hary Tanoesoedibjo.

Menurut beliau, ada tiga jenis kualitas yang wajib dimiliki oleh seorang lulusan perguruan tinggi jika hendak menjadikan diri sebagai seorang entrepreneur. Hal ini beliau ungkapkan di depan para wisudawan STIMar AMI dan IBM AMI di Balai Samudera,  Jakarta pada September  2015 lalu.

Adapun tiga macam kualitas diri yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis antara lain: vertical quality, internal quality, dan eksternal quality. 

Menurut Ketua Umum Partai Periode ini, yang dimaksud dengan kualitas vertikal adalah hubungan kita kepada Sang Pencipta. Hal ini merupakan  dasar ketika ingin memulai bisnis secara lebih baik. Sementara kualitas internal menyangkut kualitas diri sendiri. Beliau menyarankan untuk menjauhi sifat sombong, mau menang sendiri, serta harus bisa lebih menghargai diri sendiri. 

Kemudian kualitas ketiga adalah kualitas eksternal yang merupakan bagaimana kemampuan seseorang dapat berkomunikasi dengan baik sehingga dapat menghasilkan hal yang baik juga. Ketiga macam kualitas tersebut harus disokong oleh visi, konsep yang jelas, serta kecepatan dan kecermatan, sehingga akan memungkinkan untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait