3 Cara Mengembangkan Keterampilan Kerja dan Profesional Diri

Salah satu nilai positif sebuah perusahaan adalah bisa memberikan kesempatan untuk para pegawai dalam meningkatkan dalam mengasah keterampilan diri, terutama yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya. Namun adakalanya seseorang harus menggeluti sebuah bidang pekerjaan yang ternyata tidak memberikan kesempatan untuk menambah ilmu dan keterampilannya.

Jika Anda adalah salah satu diantaranya, janganlah terlalu khawatir, apalagi sampai harus keluar dari pekerjaan anda hanya karena anda merasa tidak ada peningkatan keterampilan diri. 

Nah, berikut ini disajikan, seperti yang di lansir dari careerealism, tiga langkah yang bisa ditempuh untuk memperkuat keterampilan dan bakat Anda, sehingga Anda berkembang menjadi sosok yang semakin profesional.

Bagaimana caranya?


1. Aktif mencari cara untuk mengasah keterampilan Anda yang sejalan dengan pekerjaan Anda
karir kerja
Misalnya saat ini Anda bekerja pada bidang yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, sementara Anda memiliki hobi dan bakat dalam bidang tulis - menulis sehingga dalam keseharian, Anda akan mendapatkan sedikit sekali peluang meningkatkan diri berdasarkan bakat Anda karena Anda hanya akan berkutat masalah angka-angka saja. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk tetap produktif mengasah kemampuan dan bakat Anda. Misalnya menjadi penulis freelance atau memanfaatkan waktu senggang dengan menulis konten di blog.

2. Tanyakan kepada bos Anda agar bisa memberikan Anda tanggung jawab lebih
Biasanya orang akan cenderung merasa malas atau takut jika diberi tanggung jawab lebih oleh atasannya. Padahal dengan menerima tanggung jawab yang lebih, berarti akan ada kesempatan untuk menghadapi beragam tantangan sehingga tanpa disadari akan membuat diri kita menjadi mau belajar banyak, serta secara otomatis akan mengasah kemampuan dan ketrampilan diri. Jika Anda ingin memiliki kesempatan itu, maka mintalah kepada bos Anda untuk memberikan Anda tahu jawab lebih meskipun tidak ada kenaikan gaji yang signifikan. Dengan cara ini, Anda akan menunjukkan bahwa Anda tidak takut tantangan dan juga membantu Anda terlihat unggul dari karyawan lainn. Namun intinya, Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan bakat diri Anda.

3. Manfaatkan jejaring sosial sebaik-baiknya
Media sosial seperti Facebook dan Twitter saat ini bukan hanya dipakai untuk "say hello" kepada teman-teman saja. Jejaring sosial tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk urusan promosi dan branding bisnis. So, manfaatkanlah akun sosial media tersebut untuk memasarkan perusahaan anda. Selain itu, juga dapat menjadi alat pembelajaran dalam mengasah kemampuan negosiasi anda. Hal lain yang bisa anda petik adalah banyak orang yang akan mengenal diri anda dan profesi anda. Semakin banyak Anda mengetahui dan menyadari tentang bisnis kerja Anda, semakin mudah bagi Anda untuk memahami bagaimana Anda dapat terus eksis menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Jadi, meskipun bidang pekerjaan yang tengah anda tekuni saat ini tidak begitu sesuai dengan bakat dan keterampilan anda, namun ada beragam cara yang bisa anda tempuh untuk membangun dan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas diri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait