Tips Bagi Para UKM dalam Membidik Pangsa Pasar Muslim

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sektor bisnis yang mengarah atau memfokuskan pada target pasar ini cukup menggiurkan. Beberapa pengusaha lokal telah merintis bisnisnya untuk menggait pangsa pasar yang berbasis muslim, mulai dari bisnis makanan, minuman hingga fashion. Bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ketiga sektor usaha tersebut dipandang cukup potensial dalam mendatangkan keuntungan.

Nah, Yuswohadi yang merupakan pakar marketing sekaligus juga sebagai penulis buku Consumer 3000, memberikan tiga saran dan nasihat bagi para pelaku UMKM yang terjun menggarap bidang bisnis yang bernuansa halal tersebut. Apa sajakah tips dan kiat dalam merebut pangsa pasar khususnya target muslim kelas menengah?

1. Ciptakan Produk yang Bercitarasa Universal
pangsa pasar muslimMenurut Yuswohadi, dalam merebut target pasar muslim kelas ekonomi menengah, diharapkan untuk tidak terlalu menonjolkan identitas keislaman pada setiap produk yang ingin ditawarkan. Mengapa??? Hal ini karena berdasarkan penilitian di kota-kota besar di tanah air, konsumen muslim kelas menengah cenderung lebih suka memilih produk yang terkesan agak universal (umum).

2. Memanfaatkan Komunitas
Para pelaku UMKM wajib memperluas jaringannya, baik itu sosial maupun bisnis, karena target pasar produk halal yang potensial biasanya kaum muslim yang secara alami aktif dan berkomunitas. Oleh karena itu, para pengusaha UMKM hendaknya rajin-rajin melakukan silaturahmi dan bergabung dalam berbagai komunitas Islam. Menurut Yuswohadi, melakukan pemasaran melalui jaringan komunitas relatif lebih efektif, karena dapat menyasar langsung para anggotanya dan juga lebih mudah mendapatkan sokongan rekomendasi dari para anggota komunitas jika produk yang anda tawarkan bagus.

3. Go Online
Kaum muslim menengah saat ini cenderung telah akrab dengan dunia internet. Mereka pun telah acap kali menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dan berinternet. Selain itu, kebanyakan dari mereka biasanya lebih menginginkan kenyamanan dan kepramtisan dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, para pelaku UKM yang membidik pangsa pasar muslim, harus hadir di platform yang biasa mereka pakai, seperti jejaring sosial dan juga toko online. Dengan "go online", pangsa pasar yang berpotensi anda jangkau tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga seluruh dunia. (Gambar: hijabenka.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait