Sukses Usaha Rumahan Pembuatan Keripik Salak

Desa Nglaris di kecamatan Bener, Purworejo, terkenal dengan hasil buah salaknya. Trisiati merupakan salah satu petani yang tinggal di desa tersebut. Berlimpahnya buah salak lantas membuat Trisiati menemukan peluang usaha. Wanita yang berusia 61 tahun ini berkreasi membuat makanan ringan yaitu keripik salak. Tahun 2005 menjadi awal mula Trisiati mengelola usaha ini.

Saat itu, ia memperoleh bantuan dari pemerintah setempat berupa mesin pengolah keripik. Usaha ini dimanfaatkan maksimal dengan memberdayakan masyarakat setempat. Kini, bisnis yang dirintis Trisiati juga berperan dalam membantu perekonomian warga sekitar. Satu mesin yang ia miliki bisa mengolah lima puluh ribu buah salak dalam satu hari. Namun karena terbatasnya jumlah mesin yang dimiliki, kapasitas produksi keripiknya belum mampu memenuhi permintaan pangsa pasar. 

keripik salak
Keripik Salak Laris Manis
Proses pembuatan keripik salak dengan mesin vaccum frying ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah mengupas kulit buah salak, kemudian dibelah untuk dibuang bijinya. Setelah dicuci dengan air bersih, buah salak kemudian diiris tipis-tipis dengan mesin pencacah atau mesin pengiris. Langkah berikutnya adalah memasukkan irisan buah salak ke dalam mesin pemanas atau mesin pengering (vaccum frying) untuk menghilangkan kandungan airnya. Proses ini berlangsung sekitar 1 jam. Setelah menjadi matang, keripik salak kemudian didinginkan sebentar pada suhu kamar sebelum dikemas pada kantong plastik kedap udara.
Satu kilogram kripik salak buatan rumah produksi Trisiati dibadrol dengan harga sekitar Rp 100.000. Kelebihan usaha makanan ringan ini adalah memilki daya tahan yang cukup lama, yakni bisa bertahan hingga satu tahun, padahal tanpa menggunakan bahan pemanis dan pengawet. Selain di dalam negeri, Trisiati rencananya akan terus mengembangkan pemasaran keripik salak ini hingga ke Malaysia dan Singapura.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait