Sekilas Perjalanan Bisnis Samsung Electronics

Dalam bahasa Korea kata Samsung memiliki arti tiga bintang. Perusahaan yang sudah berumur 46 tahun dan berdiri tahun 1969 ini, awalnya bernama Samsung Electronics Manufacturing. Porsi manufakturnya dilepas pada tahun 1984. Produk pertama mereka adalah televisi hitam putih dengan nama p3202. Tahun 1991 Samsung berhasil mengembangkan ponsel pertamanya.

Samsung Electronics adalah bagian dari konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Samsung Group, gabungan mencakup satu per lima dari total ekonomi Korea Selatan. Samsung sudah terdaftar di Korea stock exchange sejak tahun 1975 dengan harga kurang dari 2.000 won per saham.

samsung
Harga rata-rata per saham tahun ini sudah lebih dari 1,3 juta won. Perusahaan ini mempunyai hutang lebih dari 55 miliar dolar amerika dalam pembukuannya, dimana angka tersebut hampir sama dengan jumlah utang publik negara Lebanon. 

Namun kini, dengan berada di peringkat nomor 25 untuk perusahaan paling berharga di dunia dan mempunyai nilai pasar lebih dari 190 miliar dolar amerika, Samsung lebih besar daripada ekonomi Selandia Baru. Beban saham Samsung di indeks Kospi mencapai 18,4 persen dengan lebih dari 70 anak perusahaan di 80 negara, mempekerjakan 370.000 orang yang hampir sama dengan jumlah tentara Brasil. 

Sepuluh pelanggan terbesar Samsung menyumbang seperlima dari total pendapatannya. Dalam daftar tersebut, urutan ke 6 adalah Apple, Inc. Tahun 2012 lalu, Apple yang merupakan salah satu kompetitor Samsung di pasar smartphone, membeli produk - produk Samsung seharga 2,6 miliar dolar Amerika. Satu sisi menjadi mitra bisnis, satu sisi lainnya merupakan kompetitor bisnis yang sengit. Sungguh hal yang unik...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait