Mengintip Bisnis Bibit Tanaman di Wonosobo

Bisnis bibit tanaman di Wonosobo - Jawa Tengah sudah ada sejak lama. Namun belakangan semakin banyak yang melirik usaha ini. Salah satu pusat bisnis tanaman di Wonosobo terdapat di Desa Balekumbang, kecamatan Selomerto. Di desa ini, kelompok usaha warga menjual beraneka bibit tanaman, seperti cabai, kol, terong, tomat, hingga pepaya.

Masing-masing bibit tanaman juga memiliki jenis yang beragam, seperti bibit tanaman cabai terbagi atas bibit tanaman cabai rawit, cabai merah, hingga cabai hijau. Dalam sehari sekitar lima puluh hingga seratus bak bibit tanaman yang laku terjual. Harga satu bak bibit tanaman ini bervariasi, yang termahal harganya enam puluh ribu rupiah.

bisnis bibit tanaman
Bisnis bibit tanaman ini merupakan usaha yang dilakukan warga secara bersama-sama. Jika dihitung-hitung, omset warga dari usaha bibit ini bisa mencapai 60 juta rupiah per bulan, itupun hanya satu petak lahan yang luasnya sekitar 300 meter persegi. 


Penjual bibit tanaman di desa ini tidak melayani jasa pengiriman. Biasanya pembeli datang langsung ke lokasi untuk memilih dan membeli bibit. Selain warga Wonosobo, sudah banyak pembeli yang datang dadi kota-kota lain di Jawa Tengah, seperti dari Banjar Negara, Temanggung, dan Pekalongan.

Para pelanggannya rata-rata adalah petani yang membutuhkan bibit untuk ditanam di lahan mereka. Jika terus dikembangkan, usaha ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait