Mengapa Honda Menggunakan Logo Sayap?

Perusahaan otomotif dari Benua Asia yang cukup terkenal di dunia adalah Honda. Perusahaan yang berbasis di negara Matahari Terbit ini memakai gambar Sayap sebagai simbol brandnya. Tahukah anda kenapa perusahaan ini memakai lambang sayap mengepak? Ternyata ada sebuah makna dan filosofi yang terkandung pada lambang brand Honda tersebut.

Perusahaan otomotif Honda atau Honda Motor Company, pertama kali didirikan pada tanggal 24 September 1984 oleh seorang pandai besi yang bernama Soichiro Honda. Berawal dari pabrik motor kecil-kecilan, perusahaan yang awal pendiriannya sempat jatuh bangun, akhirnya kemudian tumbuh menjadi sebuah perusahaan besar kelas dunia.

alasan mengapa honda berlogo sayapKetika memulai mendirikan pabrik bengkel otomotifnya, Soichiro Honda bingung untuk mendesain logo perusahaan dan juga untuk motornya. Akhirnya terinspirasi oleh Dewi Nike (Nenikhamen), yang merupakan dewi kemenangan dan keberhasilan. Dalam mitologi Yunani, dewi Nike digambarkan sebagai sosok yang cantik dan memiliki sayap pada punggungnya. Soichiro kemudian memutuskan untuk memakai logo sayap mengepak untuk brand perusahaannya tersebut.

Dengan pemilihan logo yang berupa sayap mengepak seperti Dewi Nike tersebut, Soichiro Honda berharap perusahaan pabrik motornya bisa terbang sukses di kancah internasional, termasuk juga menjadi pemenang di ajang balap motor yang sudah sangat lama ia mimpikan. Logo sayap mengepak mulai rutin dipakai pada produksi motor-motor yang berkapasitas mesin kecil, diantaranya Honda A, B-Type, C-Type, dan D-Type. Kemudian perusahaan ini mulai dikenal luas sejak memproduksi motor Honda D-type. Arti D sendiri pada type mesin ini adalah 'Dream'.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa pemilihan logo berupa sayap mengepak pada motor Honda merupakan keinginan dan harapan dari sang pendiri, Soichiro Honda yang ingin agar hasil produksinya bisa sukses dan mampu memenangkan setiap kompetisi. Yang perlu jadi catatan, bahwa kesuksesan tidak bisa diraih tanpa usaha dan kerja yang keras. Soichiro pun pernah mengalami beberapa kegagalan dalam memasarkan produk motornya. Namun, dengan segenap kerja kerasnya, ia berhasil membuat motor yang berlogo sayap tersebut mencapai kesuksesan di berbagai negara di dunia. Kini, Honda tidak hanya memproduksi motor, namun juga mobil, mesin, pesawat terbang, hingga robot.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait