Konsep Dasar Pemasaran pada Bidang Bisnis Jasa

Ketika modal yang anda miliki tergolong relatif kecil, maka salah satu bidang bisnis yang bisa anda bangun dengan modal yang terbatas adalah bisnis di bidang jasa. Salah satu syarat utama dalam membangun bisnis di bidang jasa adalah memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni sesuai dengan bidang bisnis yang akan dijalankan.

Selain itu, hal yang juga patut untuk dipahami adalah mengenal tentang konsep pemasaran yang paling cocok dan ideal bagi bisnis jasa. Usaha jasa skala besar maupun perseorangan wajib memahami filosofi dari pemasaran yang akan dilakukannya. Berikut ini disajikan ragam filosofi yang sebaiknya dipahami oleh para pelaku usaha dibidang jasa, antara lain:

1. Production Concept
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menganut konsep ini adalah dengan menambah atau memperbanyak produk yang akan dipasarkan. Selain itu, mereka juga melakukan perluasan jaringan atau pendirian tempat baru untuk menunjang penjualannya.

2. Production
Pada konsep ini yang diutamakan oleh para pelaku bisnis jasa adalah hal-hal yang terkait dengan kualitas jasa dan keunggulannya. Dengan hal ini, para penjual akan memiliki keyakinan bahwa pelanggan mereka mendapat kepuasan dalam memakai produk jasa yang mereka tawarkan.

3. Selling Concept
Pada konsep ini para pelaku usaha di bidang jasa mengedepankan bagaimana cara mereka dalam menghadirkan produk jasa yang terlengkap dan juga skala penjualan yang lebih besar.

4. Marketing Concept
Tujuan utama yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis jasa yang menggunakan konsep pemasaran ini adalah dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Jadi yang menjadi orientasi dan prioritas mereka adalah memberikan produk produk yang dapat memenuhi atau menjadi solusi bagi kebutuhan para konsumen. Selain itu, para pelaku bisnis jasa juga sangat memperhatikan bagaimana kemudahan atau akses yang bisa dirasakan oleh para calon konsumen dalam mendapatkan produk yang mereka pasarkan, sehingga kepuasan dari para pelanggan bisa tercapai.

5. Social Marketing Concept
Konsep pemasaran jasa yang dilakukan dengan social marketing concept tidak hanya berfokus pada cara memuaskan para konsumen, tetapi juga bagaimana upaya mereka dalam mengajak para konsumennya agar ikut melakukan partisipasi sesuai dengan strategi yang diterapkan pada pemasaran jasa tersebut. Dengan cara ini, seluruh aspek dapat merasakan kepuasan dan keuntungan.

Menarik benang merah dari beberapa konsep di atas, maka para pelaku usaha di bidang jasa wajib mengutamakan terciptanya kualitas pelayanan yang dapat memuaskan konsumen. Konsep pemasaran inilah yang paling tepat dilakukan oleh pelaku atau perusahaan yang bergerak dibidang bisnis jasa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait