Kisah Kesuksesan Pengusaha Sepatu Batik

Apakah anda penyuka motif batik? Jika ya, maka produk berikut ini pasti anda sukai. Sepatu dengan balutan kain batik tulis atau batik cetak, lengkap dengan pilihan beraneka ragam warna. Dari Cimanggis, Jakarta Timur, di sinilah Sofyani Suci Wulandari Agustin memusatkan proses produksinya, yakni sepatu batik. Semua proses di rumah produksi ini dilakukan secara manual. Bermula pada tahun 2012 lalu dengan brand usaha d'Arcadia, ia menjajal peruntungan bisnis pembuatan alas kaki.

sepatu batik
Seiring bertambahnya pesanan, kapasitas produksinya ditingkatkan hingga mencapai 4.000 pasang sepatu per bulan. Sepatu - sepatunya dijual dengan bandrol harga mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 400.000 per pasang. Sempat mengalami stagnasi di tahun pertama, pergerakan usaha sepatu batiknya mulai naik di tahun ke dua.

Kenaikan sekitar 8% dibanding tahun sebelumnya dari omset keuntungan pun mulai berhasil diraih. Usaha sepatu batik milik Sofyani ini mulai melesat tajam hanya dalam dua tahun. Di tahun ke dua, jalur pemasaran online juga dirambah. Pembeli pun semakin beragam, mulai dari mitra ritel, departemen store, hingga bekerjasama dengan rekanan dari negara tetangga, Malaysia. Sofy menerapkan strategi pemasaran dengan merilis 6-8 artikel per minggu. Dengan jeli membaca peluang, misalnya analisa dari grafik penjualan sepatu yang paling diminati konsumen adalah berwarna gelap, maka ia memutuskan untuk memprioritaskan produk tersebut.

Usaha sukses tentu diuji dengan beragam permasalahan. Sofyani sempat kesulitan di awal-awal usahanya, diantaranya SDM yang kurang, pekerja yang sulit memenuhi target, dan juga seringnya membuat produk yang tidak sesuai standard. Selain itu, kekurangan modal juga sempat dialami.

Jaringan pemasaran sepatu batik semakin meluas dengan melibatkan sejumlah reseller. Hingga kini ada sekitar 60 reseller yang telah bergabung memasarkan produk sepatu batik ini, salah satunya adalah Dian Novita yang sudah menjadi reseller selama setahun, dan setidaknya telah mampu menjual 25 pasang sepatu tiap bulannya.

Sofyani mengajarkan konsistensi dan kegigihan mengembangkan wirausaha. Jalan kesuksesan pun kini mulai terbuka di depan mata.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait