Kartu Kredit Hilang? Inilah 5 Langkah Mengatasinya

Rasa panik dan was-was pasti akan datang menghantui tatkala kita kehilangan kartu kredit. Namun untuk menghindari potensi kerugian yang mungkin menimpa kita, maka ada beberapa hal yang harus segera kita lakukan. Apa sajakah hal-hal yang mesti kita lakukan saat kehilangan kartu kredit? Nah, ada lima poin penting yang perlu segera dicermati.

1. Ingat Kapan dan Dimana Terakhir Kali Anda Menggunakan Kartu Kredit
Langkah awal yang mesti dilakukan tatkala kartu kredit anda sudah tidak ada lagi di tangan (dompet) adalah mengingat kembali atau memperkirakan kapan dan di mana anda terakhir kali menggunakannya. Anda harus mencoba mengingatnya secara detail, mulai dari tanggal, waktu (jam), dan lokasi terakhirnya. Dengan data perkiraan ini, pihak bank akan lebih mudah untuk melakukan cross check terkait transaksi terakhir yang terjadi pada kartu kredit anda.  Dengan data ini, anda akan tahu apakah kartu kredit anda telah digunakan oleh orang lain atau tidak.

2. Segera Blokir Kartu Kredit Anda
kartu kredit
Nah, jika anda sudah berhasil mengingat kapan terakhir anda memakai kartu kredit yang hilang tersebut, maka segeralah untuk menghubungi pihak bank yang menerbitkan kartu tersebut. Semua bank yang ada di Indonesia umumnya telah menyediakan layanan khusus via telepon untuk menangani kasus pelaporan  atau kehilangan kartu kredit nasabah, 24 jam. Jadi, segeralah hubungi bank penerbit untuk memblokir akses kartu kredit anda.

3. Buat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi
Untuk membuat kartu kredit pengganti, pihak bank memerlukan surat keterangan hilang dari kepolisian yang membenarkan bahwa kartu kredit anda telah hilang. Oleh karena itu, untuk mengaktifkan kembali kartu kredit anda, segeralah membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Sebelum, anda menyetor surat kehilangan tersebut ke bank, buatlah salinan fotocopynya.

4. Perbarui Akun yang Berhubungan dengan Kartu Kredit Lama
Anda juga sebaiknya mengubah atau memperbarui data-data yang berhubungan dengan kartu kredit lama, misalnya data yang terkait dengan akun Paypal, Google Wallet, layanan pembayaran otomatis, dan layanan lainnya yang anda gunakan dengan kartu kredit lama tersebut.

5. Cermati Kembali Tagihan di Kartu Kredit Baru Anda
Begitu anda mendapatkan kartu kredit yang baru, segeralah untuk melakukan pengecekan terhadap semua tagihan, karena kemungkinan ada beberapa tagihan yang belum dibayarkan saat anda kehilangan kartu kredit lama, sehingga telah digabungkan atai dimasukan tagihannya ke kartu kredit yang baru.

Untuk mengantisipasi kemungkinan hal serupa terjadi di lain hari, biasakan menyimpan kartu kredit di tempat yang aman. Jangan lupa pula untuk mencatat nomor - nomor penting, seperti nomor telepon bank dan juga nomor kartu kredit anda, sehingga lebih mudah mengamankan potensi penyalahgunaan kartu kredit yang hilang.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait