Google Bisnisku, Layanan Google untuk UKM Indonesia

Google terus menggali potensi bisnis online, salah satunya dari pasar UKM tanah air yang saat ini tengah gencar dilakukan Google melalui layanan Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan platform gratis bagi para pebisnis yang melibatkan sejumlah aplikasi dan layanan Google populer seperti search, Maps, dan Google Plus. Dari integrasi aplikasi - aplikasi tersebut, pelaku bisnis akan mendapat akses analisa khusus untuk mengukur minat dan perilaku konsumen sehingga pelaku bisnis dapat mengatur strategi bisnis yang tepat.

Ke depannya, Google akan terus memperkenalkan layanan ini kepada para UKM di seluruh wilayah di Indonesia, sekaligus mengajak para pelaku UKM nusantara menuju go online dan bergabung dengan Google Bisnisku.

google bisniskuMenurut data yang disampaikan oleh Mira Sumanti, Head of SMB Marketing Google Indonesia pada acara tv Bloomberg Indonesia, jumlah pelaku usaha kecil menengah di Indonesia yang sudah go online baru hanya 4-5% dari sekitar 55 juta UKM. Hal ini tentu membuat jangkauan pangsa pasar para pebisnis UKM yang ada di Indonesia masih tergolong kecil. 

Mengapa jumlah pengusaha UKM di tanah air masih sangat sedikit yang sudah go online? Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain infrastruktur internet yang masih belum bagus, adanya anggapan dari pelaku UKM bahwa untuk go online memerlukan biaya mahal, serta wawasan dan pengetahuan tentang tata cara go online masih terbatas. Kombinasi semua itu menjadikan pangsa pasar dan omset bisnis bagi sebagian besar pelaku UKM di Indonesia masih sangat rendah.

Pangsa pasar yang mencapai 50jutaan UKM di Indonesia merupakan potensi bisnis yang cukup besar yang kini menjadi fokus bisnis Google Indonesia. Menurut Mira, dalam 2-3 tahun ke depan, Google menargetkan 2 jutaan UKM akan bergabung dalam layanan Google Bisnisku.

Apakah anda seorang pemilik UKM yang berniat ingin go online? Bergabung dalam layanan Google Bisnisku memberikan beberapa keuntungan bagi para pelaku UKM. Sebagai mesin pencari internet nomor 1 di dunia, tentu hal ini akan membuat bisnis anda semakin berpeluang dikenal banyak orang di seluruh dunia. Cara bergabung dalam layanan Google Bisnisku sangatlah gampang. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat akun Google, yakni akun email milik Google (gmail). Setelah anda memiliki email, langkah berikutnya adalah masuk ke alamat internet www.google.co.id/bisnisku, kemudian mengisi data yang dibutuhkan, seperti nama perusahaan, alamat, jenis usaha, dan juga upload foto. 

Setelah anda sukses bergabung dalam layanan Google Bisnisku, tempat usaha anda perlu diverifikasi ulang agar Google meyakini bahwa bisnis anda memang ada dan nyata alias bukan bohong-bohongan. Google akan mengirimkan kartu pos yang berisi kode pin atau kode verifikasi ke alamat yang telah anda daftarkan di Google Bisnisku. Kartu pos tersebut biasanya akan sampai ke alamat anda sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Ketika kartu pos kiriman Google tersebut telah sampai ke tempat anda, segeralah lakukan verifikasi ulang agar status bisnis anda memperoleh status verified sehingga brand usaha anda akan berpeluang muncul pada hasil pencarian internet Google.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait