Es Gel Beku untuk Media Pengiriman Frozen Food

Dalam penyimpanan dan pengiriman bahan makanan yang mengharuskan berada pada kondisi beku atau dingin, biasanya menggunakan dry ice dan blue ice. Namun bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) hal tersebut sulit dilakukan, mengingat harga bahan pembeku tersebut cukup mahal. Hal inilah yang mungkin sering menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh para pengusaha di bidang makanan atau bahan makanan beku.

Mempertahankan kualitas bahan makanan beku atau dingin (frozen food & chill food), seperti produk olahan daging, adalah sebuah pekerjaan yang cukup sulit jika modal peralatan tidak tersedia dengan lengkap.

Lalu bagaimankah cara mengirim frozen food dengan biaya yang lebih hemat?
Mungkin salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan es gel beku sebagai pengganti dari dry ice dan blue ice.

Bagaimanakah cara membuat es gel beku tersebut?
Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat es gel beku antara lain: tepung tapioka atau tepung sagu sebanyak 1 kg, sekitar 5% garam dapur, dan 250 mL cuka makanan.

Cara membuat es gel beku
es gel beku
Langkah utama adalah membuat bubur tepung dengan cara mencampur 1 kg tepung tapioka atau sagu dengan air bersih sebanyak lima sampai enam liter. Adonan tepung tersebut dimasak hingga mengental dan menjadi bubur. Setelah itu angkat bubur tersebut lalu tambahkan dengan cuka makanan, aduk perlahan hingga rata, kemudian dinginkan pada suhu ruangan.

Setelah agak terasa dingin bubur tepung tersebut dikemas dalam plastik PE atau plastik kemasan polos yang kemudian di sealing atau ditutup rapat. Untuk lebih mempermudah dalam penggunaannya, sebaiknya bubur dikemas dengan bentuk tipis dan rata.

Setelah bubur dikemas dalam plastik - plastik, maka langkah selanjutnya adalah menyimpannya di dalam lemari freezer. Biarkan sampai membeku. Es gel beku pun siap digunakan sebagai bahan media pengawet atau penjaga makanan beku.

Fungsi es gel beku
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, es gel beku yang terbuat dari tepung sagu atau tepung tapioka tersebut dimanfaatkan sebagai media untuk mempertahankan suhu bahan makanan ataupun produk olahan yang memang membutuhkan kondisi dingin atau beku.

Ketika Anda ingin mengirimkan frozen food ke para pelanggan atau mitra usaha Anda, maka Anda bisa menggunakan sterefoam box. Isilah pada bagian atas, bawah, dan sampingnya sebanyak 20% dengan es gel beku.

Es gel beku tersebut juga sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha sayur mayur atau penjual ikan dan pedagang kaki lima yang menjual produk dingin namun tidak memiliki mesin pendingin yang bisa dibawa bepergian. Cukup dengan memiliki coolling box atau sterefoam box yang diisi minimal 20% es gel beku pada bagian bawah, samping, dan atasnya, maka para pelaku usaha ini bisa lebih berhemat dalam menggunakan biaya operasional produk yang dijualnya.

Satu hal yang bisa di unggulkan dari mediat es gel beku tersebut adalah bisa didaur ulang. Artinya jika sudah mulai mencair atau terasa lembek, kita tinggal simpan kembali atau dibekukan kembali di dalam freezer. Dengan cara ini akan lebih hemat biaya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait