Bisnis Rumahan Keripik Buah Nanas

Pengolahan pembuatan keripik dari buah nanas tidak dapat dilakukan dengan cara dijemur atau digoreng dengan memakai peralatan sederhana. Hal ini karena kadar gula yang terkandung dalam buah nanas cukup tinggi. Penjemuran dengan bantuan sinar matahari memerlukan waktu yang lama, sehingga irisan buah nanas keburu menjadi busuk sebelum kering.

Sementara jika kita menggorengnya dengan memakai penggorengan biasa pada suhu optimal 180-200°C, maka kandungan gula yang terdapat pada buah nanas akan keburu gosong sebelum kadar airnya habis menguap, sehingga cita rasanya menjadi tidak enak dimakan. Oleh karena itu, diperlukan mesin pembuat keripik atau vacuum frayer.

vacuum fryer
Mesin Vacuum Fryer
Menggunakan mesin vacuum frayer dalam pengolahan buah keripik memiliki banyak keuntungan. Selain prosesnya yang relatif cepat, kapasitas produksinya juga bisa digunakan untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar. Dan satu hal yang cukup penting adalah mampu menjaga higienitas dalam proses produksi, sehingga terjamin kualitasnya dan aman untuk dipasarkan. 

Dalam wirausaha pembuatan keripik, disarankan untuk menggunakan mesin vacuum frying. Meskipun harganya lumayan mahal, namun dapat membuat image usaha anda terkesan lebih profesional. Selain itu, anda juga dapat memproduksi aneka jenis keripik buah dengan efesien dan dalam kapasitas besar. Beberapa jenis buah yang sering diolah menjadi keripik dengan memakai mesin tersebut, antara lain: buah nangka, salak, mangga, apel, pisang, buah naga, dan sejenisnya.

Untuk membuat keripik buah nanas, ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilakukan. Pertama adalah mengupas secara manual dan menghilangkan mata nanas. Langkah berikutnya adalah pemotongan dan pengirisan agar buah nanas menjadi tipis-tipis. Proses ini dapat dilakukan dengan mesin pemotong keripik agar lebih praktis dan cepat.

Setelah itu, irisan buah nanas dimasukkan ke dalam mesin vacuum fryer. Dan keripik nanas akan siap jadi dalam hitungan 45-60 menit. Proses terakhir adalah pengemasan memakai plastik atau kotak kertas yang dipress dengan mesin seal agar produk keripik nanas tersebut lebih awet dan tahan lama.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait