Bisnis Pertanian Mahasiswa Ini Hasilkan Omset 4 Juta Rupiah Per Bulan

Ramadhan Nur Iman dan Febri Khafidzin adalah dua mahasiswa aktif di Institut Pertanian Bogor (IPB). Berbekal ilmu yang diterimanya di kampus, mereka mempraktekkan langsung di lapangan untuk menggeluti bisnis sayuran organik. Dari kegiatan tersebut, mereka mampu menghasilkan pendapatan 4 jutaan rupiah setiap bulannya.

Usaha pertanian yang mereka geluti mencakup berbagai jenis sayuran, diantaranya kangkung, selada, dan caisin dengan luas lahan seperempat hektar. Meskipun lahan yang digarap tidak terlalu  luas, namun produktivitas pertanian Empat Serangkai Farm ini cukup tinggi. Awal merintis budidaya sayur organik, mereka menjadi binaan Agribusiness Development Station (ADS) IPB. Keuletan mereka dalam menghasilkan sayur berkualitas menjadikan produk mereka mendapat peringkat teratas sayuran organik terbaik di ADS.

pertanian kebun kangkung

Dalam melakoni bisnis pertanian tersebut sejak satu tahun yang lalu, ada banyak tantangan yang harus dihadapi, misalnya gagal panen selama 1 bulan karena serangan hama. Selain itu, ada juga anggota tim yang mengundurkan diri di tengah jalan. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi penghalang dalam terus berkarya. Satu pengalaman yang mereka rasakan bahwa dalam bekerja di lapangan tidak harus baku berpatokan pada teori saja, karena nyatanya praktik di lapangan tak semudah teori.

Sayur mayur yang dihasilkan oleh lahan pertanian Empat Serangkai Farm tersebut merupakan produk alami yang terbebas dari pupuk dan pestisida berbahan kimia. Mereka lebih memilih memanfaatkan pupuk kandang (kotoran ayam dan kambing) ataupun pupuk dari sampah tumbuhan. Oleh karena itu, produk pertanian yang mereka hasilkan sangat aman dikonsumsi.

Dalam usaha pembudidayaan produk pertanian tersebut, pihak kampus, yakni ADS memberikan perhatian dan dukungan penuh bagi mereka. Hal ini diungkapkan oleh Ramadhan, seperti yang dikutip dari DetikFinance. Pihak ADS juga sudah menyediakan pangsa pasar sehingga bisa menampung produk-produk karya mahasiswa seperti Empat Serangkai Farm.

Agar usaha yang mereka lakukan akan tetap berjalan dan bertahan lama, maka Ramadhan bersama rekannya serta dibantu oleh dua orang karyawannya, akan terus secara ketat dan konsisten menjaga proses pengolahan dan produksi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait