Bisnis Google Makin Menggurita Berkat Inovasi

Hampir sebagian besar masyarakat dunia yang sudah familiar dengan internet tentu telah cukup akrab dengan mesin pencari Google. Saat ini, search engine ini telah menguasai hampir 90% pengguna di seluruh dunia. Nah, kesuksesan mesin pencari Google tidak terlepas dari peran dan inovasi dari dua orang pendirinya, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Baru-baru ini, perusahaan teknologi asal Amerika tersebut telah mencapai kinerja maksimal dengan peningkatan nilai harga sahamnya.

Bahkan, seperti yang dilansir dari Majalah Time, perusahaan Google telah berhasil membukukan penjualan lebih dari USD66 miliar pada pertengahan tahun 2015 ini.

perusahaan google
Google yang dimotori oleh Larry Page dan Sergey Brian pertama kali dibentuk pada tahun 1998, tatkala mereka masih berstatus sebagai mahasiswa di Stanford. Dengan melakukan analisa dan inovasi yang tepat, serta menyasar pada kepuasan pengguna, mesin pencari Google akhirnya mampu tumbuh berkembang dan mengusai pangsa pasar pengguna internet dunia. Ide mereka sedikit berbeda dari mesin pencari lainnya yang beredar saat itu.

Google mampu memeriksa jumlah dan relevansi link antar halaman, bukan hanya kata kunci yang diminta untuk ditemukan. Mesin pencari internet tersebut juga mampu mengurutkan hasil pencarian menurut popularitas halaman. Tampilan yang sederhana serta hasil yang lebih cepat dan akurat menjadi daya tarik yang kuat bagi para pengguna internet. Tidak seperti search engine lainnya saat itu yang menghiasi halaman mesin pencariannya dengan berbagai iklan yang justru memberatkan loading halaman.

Kesuksesan perusahaan Google ternyata tak hanya ditopang oleh kehandalan mesin pencarinya saja, tetapi juga beragam produk yang inovatif. Berbagai kejutan telah dan akan dihadirkan Google, misalnya ikut terjun ke bisnis software perangkat mobile yang kini menjadi paling populer di dunia, yakni platform ponsel Android. Produk inovatif yang juga menjadi bagian tak terpisahkan dari teknologi saat ini, antara lain: Google Map, Google Translate, Jejaring Sosial Google Plus, Chrome, Gmail, situs berbagi video paling populer di dunia YouTube, dan masih banyak lagi lainnya.

Perusahaan itu, juga bereksperimen dengan segala macam proyek futuristik seperti Google Glass dan Mobil tanpa pengemudi. Berkat beragam inovasi yang dilakukan perusahaan, kekayaan sang pendirinya, yakni Page dan Brin saat ini meningkat tajam menjadi masing-masing senilai hampir USD30 miliar. Bahkan banyak analis menyatakan bahwa membeli saham perusahaan Google merupakan keputusan investasi yang tepat, setidaknya untuk 10 tahun ke depan, apalagi perusahaan ini didukung oleh tim kerja yang handal.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait