6 Faktor Penunjang Keberhasilan Bisnis Rumah Kos

Banyaknya arus penduduk yang datang ke kota memberi dampak positif bagi para pemilik kos-kosan, sehingga dapat dikatakan bahwa bisnis di bidang jasa penyewaan rumah ini cukup stabil, bahkan cenderung lebih prospektif pada tahun - tahun mendatang. Mengapa? Karena jumlah permintaan tempat tinggal di kawasan perkotaan semakin meningkat, sementara ruang penyedia kos-kosan semakin berkurang akibat peralihan lahan menjadi bangunan usaha, kantor, dan sejenisnya.

Oleh sebab itu, bisnis kos-kosan cukup menjanjikan untuk digeluti. Lalu, bagaimanakah caranya agar sukses pada usaha sewa kos-kosan ini? Dalam mengawali bisnis ini, ada beberapa hal perlu diperhatikan, antara lain:

sewa kos
Contoh Iklan Rumah Kos
1. Lokasi
Dalam pemilihan lokasi ini, tergantung pada pasar yang diincar. Jika target pasar Anda adalah mahasiswa dan anak sekolah, maka lokasi di sekitaran kampus atau sekolah adalah pilihan terbaik, sementara lokasi dekat kawasan industri ataupun perkantoran cocok untuk pangsa pasar para pekerja dan pegawai.

2. Keamanan, kebersihan, dan kenyamanan
Salah satu hal yang bisa diunggulkan dalam usaha sewa kos-kosan adalah tingkat keamanan, kebersihan tempat, dan kenyamanannya. Faktor ini harus diupayakan agar anda bisa bersaing dengan kos-kosan yang lain yang ada di sekitarannya.

3. Akses
Akses ke tempat kos menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh para calon penyewa. Semakin mudah dijangkau, tentu daya tariknya makin besar. Misal, adanya kendaraan umum yang lewat di depan kompleks dan akses jalan motor atau mobil yang mudah dapat membuat harga tarif lebih tinggi.

4. Harga
Untuk menetapkan harga sewa, ada beragam faktor yang patut dipertimbangkan, mulai dari lokasi, fasilitas, hingga daya tampung rumah kost tersebut. Misalnya, tempat kos yang lebih dekat dengan kampus atau pusat industri biasanya memiliki tarif yang lebih tinggi. Demikian juga fasilitasnya, makin banyak yang disediakan, maka harga sewanya juga makin mahal. Selain itu, besaran biaya hidup juga bisa menjadi penentu harga sewa. Jika biaya hidup di kota Anda terbilang tidak besar, harga kos juga biasanya tidak tinggi.

5. Layanan tambahan
Adanya layanan tambahan yang anda sediakan pada usaha kos-kosan juga akan menjadi penentu kesuksesan bisnis anda. Layanan tambahan ini harus terkait dengan pangsa pasar yang anda incar. Misalnya, jika kos-kosan anda diutamakan untuk para mahasiswa, maka fasilitas free-wifi bisa menjadi daya tarik tersendiri, karena dapat menjadi penunjang untuk para mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya. Sedangkan kalau konsumen kos Anda adalah karyawan, fasilitas yang mungkin perlu disediakan adalah jasa tenaga pencuci pakaian atau pembersih kamar. Karena biasanya mereka sudah kelelahan sepulang kerja.

6. Fasilitas
Fasilitas standar yang biasanya terdapat pada kamar kos-kosan adalah tempat tidur dan almari. Fasilitas juga menjadi faktor keberhasilan usaha kos-kosan anda. Oleh karena itu, pemilihan fasilitas penunjang harus didasarkan pada target pasar yang anda incar. Misalnya untuk golonga mahasiswa dan pelajar, maka fasilitas meja belajar menjadi hal yang menarik, sedangkan jika para pegawai dan karyawan, maka fasilitas yang biasanya diminati adalah ruangan ber-AC dan adanya kamar mandi dalam, sehingga mereka merasa lebih nyaman. Nah, demikianlah enam faktor penting dalam menggeluti bisnis kos-kosan. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait