Pertalite, Varian BBM Pertamina yang Lebih Unggul

Di penghujung bulan Juli 2015 Pertamina secara resmi meluncurkan varian baru bahan bakar minyak atau BBM yang bernama Pertalite. BBM jenis ini dipasarkan di beberapa SPBU di wilayah sasaran uji coba. Tiga kota yang menjadi sasaran uji coba pertama adalah Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Bahan bakar Pertalite disebut-sebut memiliki keunggulan yang lebih dibanding dengan Premium. Oleh karena itu BBM yang ber-oktan 90 ini dibandrol dengan harga Rp1.000 lebih mahal dari premium.

Menurut Dwi Soetjipto yang menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, menyatakan bahwa Pertalite yang merupakan varian baru dari produk gasolin non subsidi Pertamina dapat membuat tarikan mesin pada motor menjadi lebih enteng dibandingkan dengan Premium.

SPBU BBM Pertalite
BBM Pertalite dapat digunakan oleh berbagai jenis kendaraan, mulai dari roda dua hingga kendaraan multipurpose vehicle ukuran menengah, karena jumlah Ron 90 yang terdapat dalam minyak tersebut dapat membuat pembakaran pada mesin kendaraan yang memakai teknologi terbaru menjadi lebih baik dan efisien dibandingkan dengan Premium yang memiliki Ron 88.

Berdasarkan hasil uji konsumsi BBM yang dilakukan oleh pihak Pertamina dengan memakai mobil Avanza, diketahui bahwa 1 liter Pertalite dapat menempuh jarak 14,78 km, sementara 1 liter Premium mampu membuat mobil menempuh jarak 13,39 km.

Sementara saat uji coba memakai mobil Camri, bahan bakar Pertalite dapat memberi jarak tempuh 16,09 kilometer per liter sedangkan Premium menempuh 15,08 kilometer per liter. Selain lebih irit, Pertalite juga ramah lingkungan, karena lebih sedikit menghasilkan gas emisi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait