Aneka Jenis Barang Murah yang Bisa Bikin Kaya

Mungkin pada awalnya tak terlintas jika barang-barang yang dulu dibeli dengan harga murah ternyata kini nilainya cukup mahal. Ya, berbagai jenis benda-benda tua yang sebenarnya tak ada dinilainya dihargai dengan harga fantastis oleh para kolektor benda-benda kuno (klasik). Para kolektor berburu dan rela merogoh kocek yang banyak untuk menambah koleksi benda antik mereka. Di situs jual beli online eBay telah disediakan kolom khusus untuk perdagangan barang-barang langka tersebut.

Nah, ada beberapa produk lama yang berhasil terjual dengan harga tinggi. Apa sajakah barang-barang di sekeliling kita yang tanpa kita sadari ternyata memiliki nilai jual tinggi?

1. Mainan Monopoli

Permainan yang populer di tahun 2000-an ini dahulu bisa dimiliki dengan uang puluhan atau ratusan ribu saja. Kini, produk mainan yang memakai bahan papan besar tersebut sulit untuk diperoleh. Tak heran jika para kolektor berani mengeluarkan duit hingga 60 jutaan rupiah untuk memiliki produk mainan monopoli tersebut. Di situs Ebay, permainan ini paling banyak dibeli dan dicari para pelanggannya dengan banderol harga USD 4.850.

2. Kartu Mainan

Kartu mainan tua, baik itu remi, domino, dan sejenisnya, ternyata bisa membuat anda kaya, khususnya kartu-kartu yang bergambar sejarah kota dan negara. Baru-baru ini, dalam penawaran di situs eBay, kartu bisbol Willey Mays dihargai hampir USD 10.000 atau sekitar Rp Rp 132 juta. Rasanya cukup mengherankan membeli sebuah kartu dengan harga fantastis. Tapi, bagi para kolektor hal tersebut bukanlah suatu masalah.

3. Video Game Kuno

Jika anda memiliki koleksi video game jadul, ada baiknya tetap disimpan di tempat yang aman, karena bisa saja dalam 10-20 tahun ke depan anda akan memperoleh nilai yang fantastis. Seperti yang terjadi pada sebuah konsol game lama, buatan ATARI tahun 1978 yang berhasil laku dengan harga 13 juta rupiah di situs jual beli internasional eBay. Para kolektor ingin memiliki produk game tersebut lantaran bahan dasarnya atau kerangkanya terbuat dari kayu yang tahan puluhan tahun.

4. Komik Tua

Harga sebuah komik hanya sekitar puluhan ribu rupiah saja. Tapi jika komik itu telah berumur dan langka, maka nilainya akan berpuluh-puluh kali lipat. Buku komik yang terbit di era tahun 70-an, seperti komik superhero Batman, Superman, dan Spiderman saat ini menjasi barang incaran para kolektor. Di situs eBay, anda bisa memperoleh penjualan Rp 2 juta rupiah untuk satu buku komik terbitan Marvel tersebut. Jadi, jangan buang komik-komik anda ke tong sampah.

5. Jam Dinding

Mungkin di kamar kakek anda masih terpajang jam dinding bandola yang telah berusia puluhan tahun. Di zaman digital ini, produk penanda waktu yang telah uzhur tersebut dapat bernilai tinggi, seperti salah satunya jam dinding yang dijual di eBay dengan bandrol harga mencapai 390 juta rupiah. Jam dinding yang bergaya khas Rusia tersebut diprodukai tahun 1940an.

6. Komputer Antik

Apakah anda memiliki rongsokan komputer tua yang tersimpan di gudang anda? Jika ya, biarkan saja tetap pada tempatnya, dan jangan anda jual ke tukang loak (pengepul besi tua). Karena mungkin dalam 5-15 tahun nanti, rongsokan komputer tersebut bisa setara nilainya dengan harga smartphone terbaru ataupun satu unit kendaraan. Komputer antik banyak diburu oleh para kolektor barang kuno. Di situs eBay, komputer buatan Apple. Inc pertama laku terjual dengan harga USD 700 atau setara dengan Rp 9,36 juta.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait