Co-Working Space, Solusi Sewa Tempat Kerja Hemat

Kemajuan teknologi telah mengubah pola kerja masyarakat di kota-kota besar di Indonesia. Seiring pertumbuhan perusahaan startup dan meningkatnya angka freelancer, mendorong sejumlah inisiator untuk menghadirkan co-working space sebagai sarana bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitasnya. Apa itu co-working space?

Co-working space atau kantor perorangan adalah sebuah tempat dimana dalam sebuah ruangan atau gedung terdapat beberapa entrepreneur atau juga tim work yang berbagi ruangan tersebut untuk dapat digunakan bersama-sama ketika mereka bekerja atau menyelesaikan proyeknya masing-masing. Co-working space juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk acara meeting, seminar, kerja, pertemuan dan lainnya. Selain lebih hemat, tentu juga dapat menambah jaringan rekan kerja.

tempat kerja co-working spaceSaat ini, di Indonesia ada sejumlah pebisnis (perusahaan) yang menyediakan jasa sewa tempat kerja (co-working space), salah satunya adalah Conclave. Dikutip dari Socialdaily.net, sejak dibuka pada Desember 2014 lalu, Conclave mencatat sekitar 200 anggota baru setiap bulannya, sebutlah mulai dari Jobforward, Fabelio, hingga startup Local.co.id.

Ya, co-working space kini menjadi alternatif tempat dan ruang kerja bagi para pebisnis perintis maupun freelancer, di tengah mahalnya biaya sewa gedung dan kantor. Dengan prediksi peluang co-working space akan terus meningkat dalam satu hingga dua tahun ke depan, Conclave optimis mampu melakukan ekspansi hingga ke berbagai kota di tanah air. Menurut CEO Conclave, Reynaldi Latif, dalam wawancaranya di Bloomberg Indonesia, menyatakan bahwa latar belakang dirinya dan rekan-rekannya menggeluti bisnis co-working space tersebut adalah tidak tersedianya atau mahalnya tempat atau gedung untuk tempat berkerja (kantor), terutama yang dialami oleh para startup, UKM ataupun freelancer yang memiliki modal terbatas. Dalam membangun Conclave tersebut, Reynaldi bersama tiga teman lainnya mengaku menginvestasikan modal sebesar 3-5 miliar rupiah.

Saat ini, di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali telah terdapat penyedia co-working space. Nah, untuk kawasan kota Jakarta, ada sekitar 8 co-working space. Berikut daftar alamatnya, seperti yang dikutip dari Tech in Asia, Indonesia:
  1. Comma (Collaboration Matters), alamat Jl. Wolter Monginsidi No.63 B One Walter Place Lt.3 Jakarta Selatan, 12180
  2. Conclave, alamat Jl. Wijaya 1 No.5c Jakarta Selatan, 12170
  3. Workout, alamat Jl. Pintu Lima Kawasan Gelora Bung Karno Sports Complex Jakarta Pusat, 10270
  4. Jakarta Digital Valley, alamat Menara Multimedia Jl. Kebon Sirih No.10 Jakarta Pusat, 10110
  5. Ciputra Gepi Incubator, alamat Menara Multimedia Jl. Kebon Sirih No.10 Jakarta Pusat, 10110
  6. Kejora, alamat Barito Pacific Plaza Tower B, Lt.6 Jl. S. Parman, Kav 62-63 Slipi, Jakarta, 11410
  7. Biline Space, alamat Jl. Prapanca Raya No. 12/13 Jakarta Selatan
  8. Tierspace, alamat Jl. Bakti No.10 Jakarta Selatan, 12180

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait