5 Cara Mengelola Rasa Takut Saat Memulai Bisnis

Ketika tengah membangun sebuah bisnis, tentu banyak pengusaha pemula yang diliputi rasa takut dan kecemasan terhadap kegagalan. Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri:
  • Apakah saya telah melakukan hal yang benar dengan memulai bisnis ini?
  • Bagaimana jika tidak ada yang tertarik dengan produk atau jasa yang saya tawarkan?
  • Bagaimana jika saya tidak tahu cara yang tepat dalam pemasaran ataupun pemanfaatan teknologi?
  • Bagaimana jika bisnis saya mengalami kegagalan dan saya sudah terlalu tua untuk mendapatkan pekerjaan?
  • Bagaimana jika ..., dan sebagainya!


Pertanyaan - pertanyaan tersebut sering melintasi dan menghantui pikiran para entrepreneur pemula yang takut jika usaha yang dijalankannya tersebut berakhir di jurang kegagalan. Dalam menghadapi kekhawatiran tersebut, ada dua langkah yang bisa anda pilih, yakni memikirkan skenario terburuk dari kekhawatiran tersebut, atau menaklukkan rasa takut anda dengan mengambil langkah-langkah yang efektif. Rasa takut yang dibiarkan tumbuh dalam benak anda justru dapat memperburuk kinerja dan inovasi bisnis anda. Oleh karena itu, sesegera mungkin harus diminimalisir.

Lalu, apa saja upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa takut akan kegagalan tersebut?

Cloris Kylie, yang merupakan seorang entrepreneur sukses dari Amerika, telah menjabarkan pengalamannya dalam memanajemen phobia (rasa takut berlebihan) saat dirinya merintis bisnisnya. Lima strategi yang ia lakukan, mungkin juga bisa efektif terhadap anda. Apa sajakah taktik yang ia terapkan?

1. Memiliki Rencana yang Jelas

Takut memulai bisnis
Ketika Anda ingin mengatasi tantangan bisnis serta mewujudkan impian, maka Anda harus mengetahui langkah-langkah tindakan yang dibutuhkan untuk berhasil. Saat Cloris Kylie menghadapi berbagai kendala dalam membangun bisnisnya, dia telah menyiapkan strategi dan solusi terhadap permasalahan tersebut, seperti merampingkan layanan, mengontrol biaya pengeluaran, menolak proyek-proyek yang kurang prospektif, dan berinvestasi dalam pelatihan. Setelah ia tahu apa yang perlu dilakukan, maka rasa ketakutan tersebut perlahan-lahan menghilang. So, buatlah timeline yang jelas untuk mencapai tujuan Anda dan susunlah daftar tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Memiliki rencana aksi akan membantu Anda membangun kepercayaan diri, yang merupakan salah satu senjata terkuat untuk menaklukkan rasa takut.

2. Jadilah Proaktif

Takut biasanya menyerang ketika kita dihadapkan dengan masa depan yang tidak pasti. Membangun kepastian terhadap berbagai skenario masa depan yang mungkin terjadi dapat membantu menghilangkan kecemasan anda.

Setelah saya membuat sebuah "rencana B" dan bahkan "rencana C" dalam hal yang tak terduga terjadi hal yang tidak diinginkan. Apa yang mesti saya lakukan? Tanyakan pada diri sendiri, "Apa hal terburuk yang realistis bisa terjadi dalam setiap rencana anda? Lalu, Apa yang akan saya lakukan jika hal ini terjadi?" Setelah Anda merasa siap untuk menghadapi tantangan masa depan, Anda akan merasa aman dan bebas dari rasa takut.

3. Cari Inspirator Penyemangat Hidup Anda

Orang-orang baik di sekitar Anda akan membuat perisai tak terlihat dalam melawan rasa takut tersebut. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berupaya agar mengelilingi diri anda dengan orang-orang sukses yang telah berhasil melewati tantangan bisnisnya. Jika mereka berhasil, tentu anda juga bisa melakukannya. Para inspirator tersebut dapat menjadi suluh bagi anda dalam melalui segala macam kendala bisnis.

4. Berhenti Berbagi dengan Mereka yang Pesimis dan Sinis

Jika anda sering berbagi cerita tentang bisnis anda dengan orang-orang yang pesimis, sinis, dan iri hati, maka rasa takut itu pasti akan semakin menguasai anda. Mengapa demikian? Ya, karena mereka hanya akan melontarkan anda kritikan, sinisme, atau pendapat negatif yang kurang objektif yang sering tidak memberikan solusi.

"Saya berhenti berbagi informasi tentang tujuan saya atau bisnis saya dengan siapa pun yang saya tahu tidak akan mendukung saya. Hal ini membuat saya merasa jauh lebih damai, dan menemukan jati diri saya", menurut penuturan Cloris Kylie.

5. Bangun Perspektif Baru.

Belajarlah untuk melihat tantangan Anda saat ini dan tujuan yang ingin anda capai dengan memakai kacamata yang positif. Hal ini mampu akan melindungi Anda terhadap rasa takut. Pandanglah tantangan bisnis anda sebagai sebuah peluang.

Apa yang baik tentang hidup Anda dan bisnis Anda? Apa yang dapat Anda pelajari dari kemunduran saat ini dan masa lalu? Ingat bahwa tidak peduli seberapa buruk sesuatu yang sudah terjadi, itu bukanlah akhir dari dunia, dan mungkin ada sesuatu yang berharga dibalik kegagalan.

Demikianlah lima cara yang bisa anda terapkan untuk mengurangi rasa takut tatkala anda tengah merintis pondasi kerajaan bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait