5 Kebiasaan Kecil Orang Sukses di Pagi Hari

Pepatah lama mengatakan, "Bangunlah lebih pagi, agar rejekimu tak dipatok ayam". Ya, banyak orang telah membuktikan, bahwa bangun pagi lebih awal merupakan jalan untuk lebih mendekatkan kesuksesan. Bangun lebih pagi dapat memberikan kesempatan untuk lebih proaktif dan produktif. Namun, jangan sampai anda bangun pagi untuk sekedar bermalas-malasan. Mungkin tirulah lima kebiasaan orang-orang sukses berikut ini dalam memulai hari-hari mereka.

1. Mereka Bangun Pagi Lebih Awal
Banyak profesional dan tokoh politik sukses, mulai dari CEO Square yang bernama Jack Dorsey hingga mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher yang rutin bangun pagi lebih awal dalam menjalani hari-hari mereka. Dengan demikian, mereka memiliki rentang waktu lebih banyak untuk mengatur dan menyelesaikan persolaan.

2. Mereka Berolahraga
pagi hari suksesMelakukan peregangan dan latihan fisik sederhana, paling tidak selama 30 menit di pagi hari dapat membuat suasana fisik dan psikis menjadi berbeda, bahkan dapat memberi pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja anda sepanjang hari. Ketika Anda berolahraga di pagi hari, metabolisme Anda akan memicu dan tetap tinggi selama berjam-jam yang membantu Anda merasa berenergi seharian penuh.

3. Mereka Makan Sarapan yang Sehat
Selama beberapa dekade, para ilmuwan dan profesional sukses sama-sama telah membuktikan seperti apa pengaruh dan manfaat menyantap sarapan yang sehat (bernutrisi). Kandungan sarapan yang baik menyediakan nutrisi dan energi yang diperlukan tubuh sebagai bahan bakar anda dalam memulai hari, setelah sebelumnya berpuasa selama enam sampai sepuluh jam saat kita tertidur. Tingkat semangat juga berada pada level tertinggi di pagi hari, sehingga dengan mengkonsumsi sarapan yang sehat akan berdampak positif terhadap perjalanan rutinitas satu hari anda. Jika anda tidak bisa menyediakan sarapan sehat di pagi hari karena kekurangan waktu, maka ada baiknya untuk melakukan persiapan makanan Anda di malam sebelumnya.

4. Mereka Bermeditasi
Menurut situs Huffington Post, kegiatan meditasi seperti yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres, meningkatkan fungsi kognitif, berpikir kreatif dan produktivitas, dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda. Banyak pemimpin perusahaan yang telah merasakan manfaat yoga, khususnya untuk mengatasi stres dan tekanan darah tinggi. Chief Technology Cisco System dan Strategy Officer, yang bernama Padmasree Warrior, mengatakan kepada New York Times bahwa meditasi atau yoga layaknya seperti reboot untuk otak dan jiwa. Dengan melakukannya untuk beberapa menit saja setiap pagi, Anda dapat mengatur pikiran dan tubuh Anda dalam menggapai kesuksesan selama sisa hari Anda.

5. Mereka Memvisualisasikan Hari Mereka
Banjamin Franklin telah memberi nasihat, "Jika Anda gagal untuk merencanakan, maka Anda berencana untuk gagal." Ini artinya dalam mengawali hari, harus dimulai dengan perencanaan yang jelas. Orang-orang sukses cenderung selalu menyusun rencana mereka secara terperinci, bahkan rencana untuk satu hari. Oleh karena itu, di pagi hari luangkan beberapa menit untuk menyusun dan memetakan apa saja yang akan anda lakukan, dan manakah hal atau proyek yang paling penting untuk diselesaikan atau yang menjadi prioritas. Pikirkan tentang bagaimana rencana hari ini akan cocok dengan tujuan Anda yang lebih besar dalam hidup anda kedepannya. Gambaran atau visual tersebut akan menjadi media untuk membantu menjaga motivasi Anda. 

Demikianlah lima kebiasaan di pagi hari yang menjadi rutinitas dalam langkah menuju kesuksesan. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait