5 Jenis Asuransi yang Perlu Dihindari

Cara terbaik untuk menghemat pengeluaran terkait biaya asuransi anda secara menyeluruh adalah dengan menghindari membeli polis asuransi yang sebenarnya belum anda butuhkan. Jadi, jenis asuransi yang mana yang tidak perlu saya ambil saat ini? Apakah asuransi kendaraan, asuransi jiwa, atau asuransi perjalanan? Cakupan jenis asuransi yang dibutuhkan Si A mungkin tidak akan sama dengan Si B, artinya berbeda untuk tiap-tiap orang karena perbedaan risiko individu.

lembar klaim asuransiMisalnya, seseorang yang tidak memiliki rumah tentu tidak perlu membeli polis asuransi perlindungan rumah karena tidak ada risiko kehilangan bagi dirinya. Itu adalah sebuah contoh yang sederhana. Karena ada kalanya risiko kehilangan atau kerugian yang dialami seseorang lebih kecil nilainya daripada potensi biaya asuransi yang harus ia keluarkan. Sehingga diputuskan untuk tidak perlu membeli suatu polis asuransi tertentu. 

Menurut Bobbie Sage, yang merupakan seorang  Personal Insurance Expert, menyatakan ada beberapa jenis asuransi yang tidak perlu diikuti untuk situasi dan kondisi tertentu. Apa sajakah asuransi yang perlu dihindari?

1. Asuransi Kendaraan Menyeluruh
Asuransi perlindungan mobil secara menyeluruh dari tabrakan maupun kecelakaan lainnya tidak perlu anda beli, jika mobil yang anda miliki sedikit nilainya (misal mobil tua).

2. Asuransi Kerusakan Kendaraan
Jika saat ini Anda memiliki mobil baru atau memiliki kendaraan yang disewakan yang masih dalam perlindungan garansi, nampaknya Anda tidak perlu menambahkan premi asuransi ini ke mobil Anda. 

3. Asuransi Jiwa
Jika anda masih lajang dan tidak memiliki tanggungan, maka cukup membeli asuransi jiwa untuk diri pribadi. Tapi, anda perlu cari tahu apakah perusahaan anda atau tempat anda bekerja telah juga menyediakan asuransi jiwa untuk karyawannya.

4. Asuransi Perjalanan
Jika polis asuransi kesehatan Anda saat ini juga mencakup Anda di luar negeri, maka Anda mungkin tidak perlu cakupan lebih lanjut. 

5. Asuransi Perlindungan Saldo Kartu Kredit
Asuransi ini dirancang untuk mengurangi beban pembayaran utang dalam kasus dimana penghasilan seseorang terganggu akibat kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, cacat, penyakit kritis, atau kematian. Premi asuransi ini bisa membebani keuangan anda, dan sebaiknya mempertimbangkannya secara cermat plus dan minusnya bagi anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait