Usaha Kerajinan Miniatur dari Koran Bekas

Setelah dibaca, koran biasanya dibuang begitu saja, atau paling tidak dijual ke loak kertas. Namun, di tangan Muhammad Arifin, tumpukan koran-koran bekas ternyata menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Arifin membuat berbagai kreasi miniatur dengan menggunakan kertas koran yang tak terpakai. Arifin mengumpulkan koran-koran bekas dari kantornya di Surabaya. Ia lalu membawanya ke rumah dan kemudian mengubahnya menjadi berbagai model kerajinan yang menarik. 

Pemuda asal desa Grabagan, Tuban - Jawa Timur ini membuat aneka miniatur dari koran bekas, antara lain berupa miniatur stadion sepak bola, miniatur motor Harley Davidson, kapal laut, dan banyak lagi karya lainnya.

produk kerajinan koran bekas
Dengan teknik pelinting, lembaran-lembaran koran digulung membentuk lintingan lintingan menyerupai sedotan minuman. Lintingan koran tersebut ditempel pada cetakan untuk menghasilkan produk kerajinan yang diinginkan.

Ide bisnis pembuatan produk kerajinan dari koran tersebut muncul saat Arifin membuatkan mainan dari koran bekas untuk keponakannya. Sejak saat itu, ia serius menggelutinya. Selain koran bekas, Arifin hanya bermodalkan lem untuk perekat, dan cairan resin agar produk miniatur terlihat lebih menarik. 

cara membuat kerajinan koran bekasArifin mampu mengerjakan satu buah miniatur sekitar 3 hingga 6 hari. Karena masih bekerja, Arifin membatasi jumlah pesanan. Ia menjual kerajinan tangan ini sekitar 200 ribu hingga 300 ribu rupiah. Pembelinya berasal dari berbagai kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, dan Mojokerto. Melalui usaha pengolahan koran bekas tersebut, dalam sebulan Arifin bisa mengantongi omset hingga jutaan rupiah.

Untuk sukses di bisnis ini, kreativitas dan keterampilan tangan menjadi poin utamanya. Seperti yang dilakukan Arifin, usaha mendaur ulang kertas ini dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan di rumah anda. Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil dan mempromosikan produk tersebut melalui berbagaimedia online gratisan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait