Pelopor E-Commerce Bernuansa Muslim di Indonesia

Situs perdagangan elektronik atau e-commerce yang bernuansa Islami pertama di Indonesia, yakni Muslimarket.com telah resmi diperkenalkan untuk publik. Beroperasi sejak bulan April 2015 lalu, situs belanja online yang memilki moto "Serba Muslim, Serba Ada" ini menghadirkan paduan antara aktivitas belanja dengan membantu pemberdayaan komunitas muslim.

Muslimarket.com telah menjalin kerjasama dengan beberapa organisasi muslim di antaranya Dompet Dhuafa dan Baznas yang merupakan media penyalur dalam memberikan bantuan demi pemberdayaan produsen. Kerjasama tersebut merupakan komitmen perusahaan e-commerce tersebut dalam memperkuat komitmennya dalam membantu para komunitas.

toko online muslim
Menurut Pramadita Tasmaya yang merupakan CEO Muslimarket.com, menyatakan bahwa pemberdayaan yang mereka terapkan merupakan sebuah unsur penting yang berguna membantu memajukan sebuah bisnis dan komunitasnya. Di samping itu, bantuan yang diberikan untuk tujuan pemberdayaan tersebut diharapkan berjalan berkesinambungan.

Baznas dan Dompet Dhuafa dipilih sebagai partner dalam kegiatan pemberian bantuan juga didasarkan pada kepedulian NGO ini terhadap program pemberdayaan.

Ada dua cara yang ditempuh untuk pemberian bantuan dalam pemberdayaan komunitas di Muslimmarket.com, yakni secara langsung dan tidak langsung. Pada cara pertama, konsumen dapat langsung memberikan bantuan melalui Dompet Dhuafa dan Baznas. Bantuan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membantu pemberdayaan produsen yakni dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Hasil produksi yang mereka kerjakan dapat dijual kembali di Muslimarket.com.

Pemberdayaan cara yang ke dua adalah melalui pemberian kesempatan pada desainer lokal atau kerjasama produsen dan pedagang muslim dengan Muslimmarket.com. Salah satu artis yang bekerja sama adalah Zaskia Adya Mecca yang telah meluncurkan koleksi eksklusif berupa kerudung dan apparel dengan label BIA.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pertumbuhan bisnis e-commerce akan terus mengalami peningkatan. Menurut data yang dipublikasikan oleh penelitian Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), pada tahun 2016 nilai pasar bisnis e-commerce di tanah air diprediksi mencapai 24 miliar dolar amerika serikat. Pangsa pasar yang potensial tersebut membuat banyak pelaku bisnis online yang menyasar sektor ini, satu diantaranya adalah Muslimarket.com.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait