Kisah Sukses Memanfaatkan Internet untuk Pemasaran Bisnis

Dalam pengembangan usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM di dalam negeri, ternyata pengaruh dari teknologi informasi cukup memberikan peranan yang signifikan. Salah satu contoh pengusaha yang memanfaatkan kehadiran internet untuk pengembangan usahanya adalah Danu Sofwan yang kini telah memiliki sekitar 190 outlet kemitraan di seluruh Indonesia dengan merk Radja Cendol. Masyarakat menyambut antusias bisnis yang dijalankan oleh Danu Sofwan, yakni berupa usaha kemitraan minuman tradisional Indonesia yang berkonsep modern. Perkembangan bisnisnya yang cukup pesat ternyata dibantu melalui internet. 

Menurut pengakuan Danu, para mitra yang telah diajak bekerja sama dengan dirinya sebagian besar mengetahui informasi tentang Raja Cendol dari internet, baik melalui website maupun media sosial. Pengalamannya tersebut membuat dia semakin percaya bahwa internet memiliki pengaruh yang sangat signifikan, termasuk juga perkembangan bisnis yang dijalankannya. Menyadari hal itu, Danu Sofwan mulai sangat memperhatikan bagaimana kehadiran bisnisnya berkembang di setiap media di internet. 

pemasaran onlineDia selalu memikirkan hal-hal yang terkait dengan internet, mulai dari membuat dan menyusun konten apa saja yang akan ditampilkan, hingga dengan seksama memperhatikan bagaimana tata bahasa yang diterapkan untuk menyasar target pasar tertentu. Dengan cara seperti itu, konsumen akan lebih percaya terhadap produk dan layanan yang ia berikan. Karena apa yang dilakukannya tersebut menunjukkan bahwa ia eksis dan selalu update. 

Selain Danu Sofwan, banyak pula pelaku bisnis yang semakin meningkatkan omset bisnisnya dengan pemanfaatan media internet, satu diantaranya adalah Diajeng Lestari yang merupakan pendiri sekaligus pemilik hijup.com. Situs ini diklaim sebagai toko online khusus hijab yang pertama di dunia. Dilansir dari bisnis.com, Diajeng mengakui bahwa perkembangan bisnisnya mengalami pertumbuhan yang positif karena dipengaruhi oleh rasa percaya dari konsumen terhadap bisnisnya. Memang salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis online adalah seringnya muncul rasa ragu dari calon konsumen karena mereka tidak dapat mengamati dan menyentuh produk yang dijual secara langsung.

Dalam mengawali bisnisnya, Diajeng hanya berbekal website sebagai media untuk memajang atau etalase produk produk dari berbagai pemasok. Saat ini, situs hijup.com telah tumbuh dan berkembang sehingga menjadi salah satu referensi online bagi masyarakat, khususnya yang tertarik dengan dunia fashion muslim. Diajeng mengungkapkan bahwa kepercayaan menjadi salah satu poin penting untuk menjalankan sebuah bisnis online. Agar semakin berkembang, kita harus berupaya menambah calon konsumen baru dan sejalan dengan itu tetap mempertahankan konsumen yang sudah ada.

Nah, bagi anda yang merupakan seorang entrepreneur, entah di bidang bisnis apapun, ada baiknya juga mengikuti jejak yang dilakukan Danu dan Diajeng yang merupakan dua pebisnis yang sukses mengembangkan usahanya secara online. Kata kunci dari kesuksesan mereka adalah menanamkan kepercayaan sehingga mereka bisa memperluas pasar lebih pesat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait