Kisah Pengusaha Pembuat Boneka Kayu Bokumi

Di tangan orang kreatif, limbah kayu bisa disulap menjadi boneka lukis 3 dimensi aneka bentuk, seperti tokoh komik superhero hingga tokoh pewayangan. Tujuan pembuatan karya seni ini selain memanfaatkan limbah, juga memberikan keunikan tersendiri bagi karya anak bangsa. Bokumi adalah boneka kayu 3 dimensi hasil karya Temi Budi Satrya. Boneka ini terbuat dari kayu sisa peti kemas. Setelah dijadikan bokumi, kayu - kayu ini memiliki nilai jual tinggi. 

Bentuk bokumi beraneka ragam. Karakter yang paling memikat hati saya adalah tokoh pewayangan. Ada Gatot Kaca, Hanoman, hingga Punakawan. Temi memilin tokoh pewayangan untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas.

boneka kayu bokumi
Ada karakter baru pada karya tiga dimensi ini yaitu karakter pemain sepak bola dunia. Ada pemain legendaris David Beckham, hingga Wayne Rooney. Tidak hanya itu, masih banyak karakter bokumi lainnya, diantaranya tokoh film horor hingga robot. Berawal dari kejenuhan dengan media lukis yang sudah ada, pada tahun 2011 Temi menggunakan media lukis baru, yakni limbah kayu. Pada awalnya Temi banyak bermaksud mengenalkan media lukis 3 dimensi pada khalayak, supaya semua orang terdorong berkreasi menuangkan imajinasinya melalui lukisan. Ternyata makin banyak orang memesan karakter kesukaan mereka.

Untuk membuat bokumi hanya diperlukan kayu dan cat tembok. Kayu yang digunakan adalah jenus kayu jati belanda karena mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Sejak dulu kayu jati belanda selalu diminati karena harganya murah dan ringan. Selain itu, kayu jenis ini tidak disukai rayap sehingga lebih awet.

Mau tahu cara pembuatannya?
cara membuat bokumi
Pertama, limbah kayu dibentuk bulat dan lonjong. Kemudian kayu didempul untuk menutup pori-pori dan meratakan permukaannya. Setelah didempul, kayu diamplas untuk menghaluskan permukaannya, sehingga cat bisa menempel sempurna. Usaha milik Temi ini telah berkembang pesat. Kini Bokumi tidak hanya terbuat dari kayu, melainkan juga limbah lain seperti kaleng bekas cat semprot. Kaleng bekas seperti ini cocok untuk dibuat karakter robot. Bagian yang tersulit dalam melukis karakter manusia pada bokumi adalah pada bagian wajah karena butuh ketelitian khusus dalam menggambar detail, sepertu mata dan juga mulutnya.

Harga bokumi seperti ini mulai dari Rp 200.000. Harga ditentukan oleh tingkat kerumitan lukisan. Pewarna yang digunakan adalah cat tembok. Cat tembok dipilih karena cepat kering dan mudah menempel pada berbagai macam permukaan. Sejak berdiri sekitar tiga tahun lalu, telah dihasilkan ribuan karya seni 3 dimensi ini. Produknya bisa dijumpai di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

Pembeli juga bisa memesan karakter lukisan yang diinginkannya, misalnya karikatur foto atau tokoh yang diinginkan.  Dalam sebulan, maksimal 30 boneka pesanan dibuat. Manajemen Temi menetapkan jumlah tersebut sebagai jumlah maksimal. Hal ini dilakukan untuk menjaga mutu bokumi. Ruang pamer bokumi berlokasi di Depok - Jawa Barat. Di sini juga dijual boneka kayu polos siap lukis, sehingga pembeli dapat membuat boneka lukis tiga dimensi sendiri. Boneka polos siap lukis tersebut dijual dengan harga Rp 75.000, sudah lengkap dengan kuas dan catnya. Anda tertarik membuat boneka lukis 3D sendiri? Atau ingin membangun bisnis serupa?
(Sumber : Net News)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait