Jumlah Utang dan Negara Pemberi Utang Indonesia

Untuk memenuhi keuangan negara, saat ini, Indonesia masih memiliki ketergantungan terhadap bantuan pinjaman dari pihak lain, baik itu dari lembaga keuangan dunia maupun pinjaman negara lain. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan diketahui bahwa per Mei 2015, utang luar negeri pemerintah Indonesia (baik bilateral maupun multilateral) tercatat mencapai 691,66 triliun rupiah (24,3% dari total utang pemerintah Rp 2.843,25 triliun). Jumlah utang tersebut turun dari bulan sebelumnya Rp 685,9 triliun.

Secara bilateral, negara-negara yang masih menjadi kreditur terbesar untuk Indonesia antara lain Jepang, Prancis, dan Jerman. Sementara secara multilateral, lembaga-lembaga keuangan internasional yang menjadi sumber pinjaman hutang bagi Indonesia diantaranya adalah Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Bank Pembangunan Islam (IDB). Berikut ini disajikan secara terperinci negara-negara maupun lembaga finansial dunia yang menjadi pemberi pinjaman secara bilateral dan multirateral terbesar buat Indonesia.

utang indonesia6. Bank Pembangunan Islam (IDB)
Terhitung per Mei 2015, pemerintah Indonesia memiliki utang ke IDB sebesar Rp 7,94 triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya yakni Rp 7,83 triliun. Dilihat dari total utang luar negeri Indonesia, persentase utang ke IDB adalah 1,1%.

5. Jerman
Utang Indonesia ke pemerintah Jerman mengalami kenaikan tipis, yang sebelumnya berada pada angka Rp 20,42 triliun menjadi Rp 20,82 triliun, terhitung hingga Mei 2015. Jumlah tersebut merupakan 3% dari total utang luar negeri pemerintah Indonesia. Jerman menjadi pemberi utang terbesar ke lima untuk Indonesia.

4. Prancis
Persentase utang luar negeri Indonesia ke pemerintah Prancis sebesar 3,6%. Hingga bulan Mei 2015, jumlah utang Indonesia ke pemerintah Prancis mencapai Rp 25,19 triliun, naik dari bulan lalu Rp 24,73 triliun.

3. Bank Pembangunan Asia (ADB)
Di posisi ke tiga, pihak yang memberi utang terbesar ke Indonesia adalah Bank Pembangunan Asia. Per Mei 2015, jumlah utang Indonesia ke ADB adalah sebesar Rp 108,75 triliun. Terjadi kenaikan dari bulan lalu sebesar Rp 107,35 triliun. Jumlah ini adalah 15,7% dari total utang luar negeri pemerintah pusat.

2. Bank Dunia
Bank Dunia (World Bank) menjadi lembaga pemberi utang terbesar ke dua untuk Indonesia. Persentase utang ini mencapai 26,6%. Per Mei 2015, total utang Indonesia ke Bank Dunia mencapai Rp 184,21 triliun, dimana bulan lalu sebesar Rp 180,31 triliun.

1. Jepang
Negeri Sakura menjadi kreditur terbesar untuk Indonesia. Bantuan utang tersebut mencapai 30,8% dari total pinjaman luar negeri. Per Mei 2015, utang pemerintah Indonesia ke Jepang mencapai Rp 213,27 triliun. Angka ini sedikit turun dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 217,88 triliun.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait