Ini Cara Memanfaatkan Instagram dari Pebisnis Expert

Untuk menggali potensi dan menambah penghasilan ekstra, maka seharusnya keterbatasan modal dan waktu bukanlah menjadi penghalang yang besar. Saat ini ada banyak pilihan media sosial yang bisa membantu kelancaran bisnis online anda, seperti Instagram yang mengedepankan sisi visual. Silahkan baca "10 Tips Menggunakan Instagram untuk Bisnis".

Jejaring sosial yang berbasis foto ini, sekarang telah menjadi media yang paling efektif serta efisien untuk menjajakan sebuah produk. Namun, tak dapat kita pungkiri, dengan semakin menjamurnya online store di media sosial, kompetisi bisnis kian meningkat pula. Selain menyasar pada harga jual, ada beberapa strategi lain yang wajib diterapkan agar sebuah online store yang kita bangun dapat terus diminati dan ramai konsumen.

bisnis instagramSebagai pemula maupun bagi yang sudah expert menggeluti usaha online, tiada salahnya untuk terus belajar bagaimana menemukan formula yang tepat dalam menjalankan bisnis lewat internet. Mungkin pengalaman dan tips dari Windy Riswatyo yang merupakan seorang wanita karier sekaligus founder dari bisnis scarf yang dipasarkan lewat Instagram. Pemilik brand Choronicles Indonesia ini mengungkapkan ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan ketika ingin memulai sebuah usaha online, khususnya yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasarannya. Berikut uraiannya:

1. Menurut Windy, cara yang paling mudah pertama kali adalah dengan memastikan jika visual gambar produk yang akan diunggah sudah terlihat bagus dengan estetika yang menarik. Dengan demikian hal terpentingnya saat menjajakan produk di media sosial seperti Instagram adalah penataan, pencahayaan, sudut, komposisi warna, dan termasuk logo produk atau brand bisnis anda. Windy juga menambahkan, bahwa sangat penting foto produk yang diupload tersebut tidak jauh berbeda seperti produk aslinya. Hal ini tentu dapat mengurangi potensi perasaan merasa tertipu yang mungkin nantinya muncul di benak pelanggan karena produk yang ia terima tidak sama dengan apa yang dipromosikan.

2. Selain visualisasi yang tepat, hal yang tak kalah penting menurut Windy dalam promosi di internet adalah tata dan gaya bahasa yang digunakan. "Bahasa yang baik penting agar brand yang dipasarkan terlihat profesional," ujar Windy seperti yang dikutip dari Kompas.com. Lebih lanjut ia menyarankan untuk menghindari spamming atau melakukan komentar promosi pada akun yang memiliki banyak followers, apa lagi jika topik yang didiskusikan tidak nyambung dengan produk yang kita pasarkan. Hal ini justru sebenarnya malah menurunkan pamor brand kita. Windy menyarankan, ada baiknya melakukan promosi dengan cara endorsement daripada tindakan spamming.

3. Tip sukses berikutnya adalah menjaga originalitas. Artinya jangan pernah meniru mentah-mentah apa yang dilakukan oleh para kompetitor anda, karena saat ini para konsumen sudah cukup pintar dalam hal menganalisis dan membandingkan, sehingga yang menonjolkan sisi originalitas-lah yang akan lebih diminati. Gunakan saja prinsip ATM yakni Amati, Tiru, lalu Modifikasi.

4. Dalam pemanfaatan Instagram, sarana promosi yang sangat efektif menurut Windy adalah dengan menggunakan hashtag atau tanda tagar yang spesifik. Dengan semakin spesifik hashtag yang kita buat untuk menandai produk yang kita pasarkan, maka akan membuat foto produk kita terus berada di atas sehingga dapat lebih memudahkan siapapun untuk mencarinya. Demikianlah tips dari Windy yang ia sampaikan disela-sela kesibukannya mengelola bisnis online produk scarf yang populer dan banyak dikenakan oleh selebriti papan atas.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait