Cara Mencari Supplier Produk untuk Bisnis Toko Online

Dalam mendirikan dan menjalankan sebuah bisnis toko online, ternyata ada banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Bukan hanya berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya di dunia maya, tetapi kita juga harus menjalankan proses bisnis online dengan teliti dan cermat. Satu diantaranya adalah bagaimana upaya kita mencari supplier untuk ketersediaan produk pada toko online kita. Dalam hal ini, tentunya yang kita bicarakan adalah model toko online yang menggunakan sumber produk dari pihak luar, bukan milik kita sendiri.

Mencari supplier untuk toko online, ternyata bukanlah perkara yang mudah, apalagi suplier dengan produk yang sesuai dengan standar yang kita inginkan. 

supplier toko onlineDalam mencari supplier, kita patut lebih teliti memilih supplier yang memiliki kemampuan menjalin kerjasama yang baik serta mampu menyediakan pasokan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Paling tidak, mereka mampu menyediakan stok produk ketika terjadi pesanan yang membludak. Berikut ini akan disajikan langkah-langkah dalam menemukan dan menjalin hubungan dengan supplier toko online yang terpercaya:

Penyiapan Kelengkapan Toko Online
Jika kita telah memiliki toko online yang siap beroperasi (domain dan konsep toko online), maka hal ini akan memudahkan kita bermitra dengan para supplier. Kesiapan bisnis online yang kita lakukan, dapat memberikan keyakinan kepada calon-calon supplier, sehingga bisa menjalin mitra bisnis yang terpercaya meskipun kita merupakan pemain baru di bidang bisnis di dunia maya ini.

Kita jadi punya alasan dan persuasif yang kuat untuk mengajak para supplier melihat persiapan dan proses bisnis yang akan segera diluncurkan pada toko online kita. Dengan kelengkapan perangkat bisnis online yang kita persiapkan, akan memberikan kesan yang profesional di hadapan supplier.

Langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi terhadap merek-merek yang populer, termasuk juga produk apa yang kita pasarkan di toko online? Apakah produk-produk fashion, kuliner, jasa, atau aksesoris? Dengan menentukan secara spesifik mengenai produk apa yang kita jual di toko online, maka selanjutnya kita bisa mengidentifikasi merek-merek sejenis yang kelak menjadi kompetitor bisnis kita.

Mencari Supplier yang Mau Menerima Reseller atau Dropship
Sebagai tahap awal dalam menjalankan dan mengembangkan toko online, anda bisa mencari supplier yang bersedia menerima reseller atau dropship baru. Menjadi reseller dalam bisnis toko online bisa menjadi pilihan yang menarik, khususnya jika produk yang akan dipasarkan memiliki banyak peminat dan arus perputaran barang dan uanganya sangat cepat.

Sedangkan jika anda mempunyai keterbatasan tempat dan ruang untuk menyimpan persediaan (stok) barang, maka bisnis toko online model dropshipping bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda untuk memulai bisnis online ini. Dengan cara ini, kita tidak akan merasa terbebani dengan masalah stok barang yang berlebihan.

Meningkatkan Trafik Potensial ke Website
Trafik menjadi bagian penting dalam membangun sebuah toko online yang potensial. Minimnya trafik akan berujung pada rendahnya omset yang dihasilkan. Trafik yang rendah juga akan berdampak terhadap adanya peningkatan biaya periklanan yang harus kita keluarkan. Sedangkan jika situs kita telah memiliki trafik yang bagus, maka kita tidak perlu bersusah payah mengeluarkan duit untuk beriklan di internet. 

Ketika toko online belum beroperasi, bukan berarti kita tidak perlu melakukan apa-apa. Hal yang kita lakukan adalah dengan membuat konten-konten yang menarik untuk memancing keingintahuan para pengguna internet, dan juga mengundang robot mesin pencari (Google dan Bing) agar mengindeks situs kita. Membangun trafik pengunjung yang tinggi juga menjadi salah satu langkah awal untuk membangun toko online yang ramai.  Para calon supplier pun dapat memandang hal ini sebagai salah satu langkah awal yang proaktif.

Yang Dilakukan Bila Pengajuan ke Supplier Ditolak
Bila calon suplier mengungkapkan penolakan terhadap rancangan kerjasama yang kita ajukan, maka janganlah langsung berkecil hati dan merasa putus asa. Ada beragam model bisnis yang bisa kita terapkan di dunia internet, salah satunya dengan mencoba membangun toko online yang berbasis afiliasi. Sehingga kita tidak perlu menjual produk apa pun di toko online kita, tetapi yang kita lakukan adalah mengarahkan para pengunjung situs kita untuk membeli produk yang ditawarkan oleh affiliater. Kita akan memperoleh pebghasilan dari jasa yang kita lakukan. Kuncinya adalah adalah reputasi yang baik dan trafik pengunjung yang tertarget.

Reputasi yang baik dan suguhan konten yang menarik, entah itu yang berupa tulisan, gambar, ataupun video, dapat menjadi senjata ampuh untu membuat banyak pengguna internet sering berkunjung ke website kita dan kita dapat bertindak sebagai affiliater. Mulailah memasarkan produk-produk milik toko lain dan kita memperoleh keuntungan persentase dari hal tersebut. Bisnis afiliasi ini cukup baik karena anda bisa memperoleh keuntungan dengan modal yang sangat minim.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait