8 Tips Membangun Bisnis Wedding Organizer

Pangsa pasar dalam bisnis wedding organizer (WO) di Indonesia cukup menjanjikan belakangan ini, terutama di kawasan perkotaan yang kehidupan masyarakatnya super sibuk dan lebih individualis. Dalam pelaksanaan suatu acara pernikahan, sang pengantin dan pihak keluarga tentu menginginkan agar momen acara tersebut berjalan lancar dan mampu memberikan kenangan yang berkesan. Sekarang ini banyak sekali masyarakat yang menginginkan pernikahannya dilaksanakan melalui jasa Wedding Organizer yang professional, karena sifatnya yang lebih praktis.

Hal ini menjadikan bisnis WO cukup potensial di masa mendatang. Bagi anda yang akan atau tengah menggeluti bisnis ini, ada baiknya menyimak tips usaha berikut ini:

usaha wedding organizer
1. Poin pertama adalah menentukan target pasar Anda secara lebih spesifik dan jelas. Dengan langkah awal ini, Anda akan lebih mudah menawarkan jasa Anda ke target pasar yang sesuai Anda citakan.

2. Tips kedua adalah upayakan agar selalu memprioritaskan jasa yang Anda tawarkan sebagai solusi atas keinginan calon pelanggan Anda. Artinya, melalui layanan anda, mereka memperoleh solusi terkait permasalahan maupun kendala yang menjadi beban mereka ketika akan menyelenggarakan pesta pernikahannya. Dengarkan keinginan mereka dan berikan solusinya. Hal ini akan membuat mereka merasa senang dengan pelayanan Anda.

3. Poin ke tiga adalah mencermati serta menentukan strategi bisnis anda, khususnya yang terkait dengan keunggulan, kekhususan, dan keunikan jasa Anda. Hal ini berguna sebagai pembeda bisnis anda dengan usaha WO yang sudah ada. Misalnya Anda ingin agar perusahaan bisnis Wedding Organizer Anda dikenal sebagai WO spesialis di pesta kebun, tradisional, pantai, atau outdoor, sehingga Anda mempunyai konsep yang unik dan berbeda.

4. Kiat selanjutnya adalah membangun koneksi dan relasi dengan calon pelanggan maupun dengan para supplier atau vendor, yang akan menjadi daya pendukung bagi bisnis jasa Anda, misalnya: perusahaan jasa katering, penjahit/penyewa pakaian, management gedung/tempat, sound system dan artis pendukung, perusahaan dekorasi, photo studio, percetakan undangan dan lainnya. Selain itu pengembangan relasi juga perlu dilakukan dengan para calon investor yang berpotensi memberikan bantuan modal usaha, karena menjalankan bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

5. Hal kelima yang wajib anda lakukan di zaman mobile ini adalah selalu aktif di media sosial seperti Facebook Fanpage, Ttwitter, Instagram, maupun forum-forum online yang sesuai bidang bisnis ini. Kegiatan di jejaring sosial ini adalah sebagai sarana komunikasi dan promosi bisnis Anda.

6. Bangun tim kerja Anda secara solid dan profesional. Berikan mereka visi misi usaha Anda agar mereka mendapatkan inspirasi dan semangat dari Anda. Sehingga mereka bisa menjaga standar kualitas dan layanan bisnis Anda agar pelanggan puas dengan hasil kerja perusahaan Anda.

7. Poin ke tujuh ini terkait dengan kegiatan marketing bisnis WO anda. Sebarkan informasi tentang usaha Anda melalui kegiatan-kegiatan pemasaran yang sudah Anda rencanakan dengan jelas. Misalnya dengan menyebarkan brosur, penulisan artikel di media-media, ikut pameran, menjadi sponsor untuk event terkait, dan lain sebagainya.

8. Tips terakhir "keep learning". Teruslah belajar dan meningkatkan wawasan bisnis anda agar mampu menumbuhkan jaringan usaha anda. Ada banyak cara yang bisa anda tempuh, mulai dari membaca buku, mengikuti acara-acara gathering dengan para wirausaha lainnya, mempelajari pengalaman para WO lain yang sudah sukses serta memberikan inovasi baru, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait