6 Komoditas Pertanian Indonesia yang Laku di Pasar Ekspor

Di pasar luar negeri, produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata memiliki banyak peminat. Hal ini dibuktikan dari beberapa produk pertanian yang secara rutin diekspor ke luar negeri dengan nominal yang cukup besar, meskipun kondisinya sedang mengalami penurunan. Berdasarkan catatan yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), diketahui bahwa hasil pertanian Indonesia memiliki total ekspor mencapai 423,4 juta dolar amerika, turun sebesar 8,61 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 

Secara akumulasi yang terhitung dari bulan Januari hingga Mei tahun 2015, ekspor produk pertanian Indonesia mencapai nilai 2,2 miliar dolar amerika serikat. Nah, apa sajakah hasil-hasil pertanian Indonesia yang paling laku diekspor di pasaran internasional? Berikut rinciannya menurut data laporan yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik:

1. Biji Coklat
komoditas ekspor indonesiaBiji coklat menjadi salah satu komoditas pertanian yang sering mendapat permintaan dari pasar internasional. Pada bulan Mei ini, ekspor biji coklat Indonesia mencapai nilai 8,7 juta dolar amerika serikat, yang artinya naik sebesar 16,08 persen dibandingkan periode April tahun 2015 lalu. Sementara akumulasi ekspor dari Januari hingga Mei tahun 2015 mencapai 37,1 juta dolar amerika serikat.

2. Tembakau
Bahan untuk pembuatan rokok ini juga laku di pasar internasional. Pada bulan ini, nilai ekspornya mencapai 7,9 juta dolar amerika serikat atau naik sebesar 79,22 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Secara akumulasi menurut catatan BPS, total ekspornya mencapai 33,5 juta dolar amerika serikat.

3. Rempah-rempah
Sejak zaman kolonial, produk rempah rempah nusantara selalu menjadi incaran pedagang-pedagang internasional, dan kini pun komoditas rempah-rempah Indonesia juga diminati oleh banyak negara. Contoh komoditas rempah rempah ini diantaranya berupa lada hitam, lada putih, vanili, kayu manis, biji pala, dan lainnya. Secara akumulasi, dalam 5 bulan terakhir pada tahun ini total ekspornya mencapai 211,5 juta dolar amerika serikat.

4. Udang Segar / Beku
Hasil pertanian dan perikanan Indonesia yang juga laku di pasar ekspor adalah produk udang segar ataupun udang beku. Nominal ekspornya pada bulan Mei ini sebesar 109,2 juta dolar amerika serikat atau turun sekitar 11,96 persen. Secara akumulasi nilai ekspornya tercatat mencapai 583,6 juta dolar amerika serikat.

5. Kopi
Biji kopi hasil pertanian bumi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pada bulan Mei ini, ekspor kopi mencapai 90,5 juta dolar amerika serikat atau turun sebesar 8,3 persen dibandingkan dengan bulan April sebelumnya. Akumulasinya dalam 5 bulan terakhir mencapai 463,8 juta dolar amerika serikat.

6. Karet Alam
Dengan harga yang cukup fluktuatif di pasar internasional, produk karet alam menjadi salah satu komoditas ekspor yang laku untuk kebutuhan industri pengolahan. Ekspornya turun sebesar 37,2 persen dibandingkan bulan lalu. Sementara total ekspor dalam 5 bulan terakhir tercatat mencapai 3,9 juta dolar amerika serikat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait