Wanita Ini Menjadi Kaya Karena Takut Jarum Suntik

Satu sisi yang membuat wanita terlihat sempurna adalah bisa tampil cantik, muda, dan juga banyak duit. Keadaan ini tentu menjadi idaman bagi semua kaum hawa. Nah, rupanya nasib itu ternyata dimiliki oleh Elizabeth Holmes. Wanita yang tengah berusia 31 tahun ini, mendapat predikat sebagai pengusaha wanita terkaya di Amerika Serikat (AS) menurut versi majalah Forbes. Apa yang membuatnya menjadi wanita kaya raya?

Dilansir dari halaman Forbes pada jumat (29/5/2015), Elizabeth Holmes merupakan pendiri dari Theranos, sebuah klinik cek darah di California, AS. Wanita kelahiran tahun 1984 ini mengalami drop out (DO) saat menjadi mahasiswa tingkat dua di Stanford University. Ia kemudian membuka Theranos, pada 2003 lalu, tepat di saat usianya masih 19 tahun. Usaha ini didirikan dari uang kuliahnya.

Elizabeth HolmesMotivasinya membangun sebuah perusahaan tes darah dilatar belakangi oleh peristiwa meninggal Pamannya karena kanker yang tidak terdeteksi sejak awal. Holmes kemudian berupaya untuk mengembangkan cara mendeteksi beragam jenis penyakit melalui uji tes darah. Dia keluar dari Stanford University pada tahun kedua untuk meluncurkan perusahaan tes darah Theranos pada tahun 2003. Metode uji yang ditawarkan oleh perusahaannya lebih cepat, lebih murah dan tidak terlalu menyakitkan seperti tes lainnya, dan dapat dengan cepat menguji setetes darah di sebagian kecil dari harga laboratorium komersial, serta dapat menjalankan hingga 70 tes yang berbeda. Keputusan Holmes untuk hengkang dari bangku kuliah karena ia ingin mewujudkan visi misinya, yakni dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit yang bersarang di dalam tubuh, bahkan sebelum gejala-gejalanya terlihat, ketika masih ada kesempatan terbaik untuk mengobatinya.

Tekonologi tes darah yang dibuat Holmes  mampu menyediakan banyak informasi secara efisien. Bahkan, tes ini bisa dilakukan di apotek dan tidak harus mengunjungi dokter atau laboratorium yang biasanya membutuhkan biaya lebih besar. Hasilnya juga bisa diketahui dalam waktu empat jam. Hebatnya lagi, satu tetes darah bisa digunakan untuk berbagai tes. Jadi tidak perlu lagi melakukan suntik beberapa kali untuk mengecek potensi penyakit di dalam diri. Dengan revolusi ini, orang-orang diharapkan tidak perlu merasa takut lagi untuk tes darah demi mengetahui potensi bibit penyakit yang ada di dalam tubuhnya.

Perkembangan selanjutnya, Theranos mendapatkan suntikan modal ventura senilai US$ 400 juta atau sekitar 5 triliun rupiah, dan kini nilai perusahannya ditaksir mencapai US$ 9 miliar, dimana setengah atau 50% saham Theranos dimiliki oleh Holmes. Ini artinya kekayaan wanita yang tinggal di California ini mencapai 4,6 miliar dolar amerika.

tes darah theranos
Pada tahun 2013, perusahaan ritel farmasi terbesar di Amerika Serikat, yaitu Kissinger yang memiliki 8.100 toko, membuka Theranos Wellnes Center di setiap tokonya. Hal ini membuat Theranos semakin mengalami perkembangan yang pesat. Menurut Forbes, saat ini kekayaan wanita yang takut akan jarum suntik ini mencapai US$ 4,6 miliar atau sekitar Rp 58 triliun. Beragam prestasi yang diukir Holmes membuatnya sering diganjar dengan berbagai penghargaan, misalnya masuk dalam 100 wanita berpengaruh di dunia, atau penghargaan Horatio Alger Award 2015 untuk bidang kepemimpinan. Dia adalah penerima penghargaan termuda sejak penghargaan ini dibuat ditahun 1947. Penghargaan yang digelar oleh Horatio Alger Association, bertujuan memberikan beasiswa serta mendorong anak-anak muda untuk mengejar mimpi mereka melalui pendidikan yang lebih tinggi.

Saat ini Holmes menjadi CEO Theranos  dengan memimpin karyawan sekitar 700 orang. Selain membuka cabang, ia juga mengembangkan dan melebarkan sayap perusahaannya dengan melakukan kerja sama dengan 8.200 jaringan apotik di seluruh Amerika. Visinya untuk lima tahun kedepan adalah tersedianya, satu Theranos Center setiap 5 kilometer yang dapat dijangkau setiap warga di seluruh Amerika Serikat.

Mimpi besar, inovasi, dan semangat untuk menolong sesama adalah kunci kesuksesan Elizabeth Holmes.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait