Usaha Kerajinan Gantungan Kunci dari Kayu Limbah

Jangan remehkan sisa-sisa kayu limbah yang sudah tidak terpakai lagi. Jika anda kreatif dan terampil, potongan-potongan sisa kayu yang banyak terdapat di pusat usaha pembuatan furniture, bisa menjadi salah satu sumber penghasilan anda. Hal ini telah dilakukan oleh Fauzi. Di tangan Fauzi, kayu sisa pembuatan mebel dapat diolah menjadi kerajinan bernilai tinggi.

Warga Batang - Jawa Tengah ini membuat aneka macam gantungan kunci yang berbahan dasar limbah kayu jati. Proses pembuatan berbagai macam gantungan kunci ini dimulai dengan memilih limbah kayu jati di sekitar rumahnya.

gantungan kunci kayu unik
Proses dilanjutkan dengan membuat sketsa di selembar kertas yang kemudian ditempelkan pada permukaan kayu. Selanjutnya kayu digergaji sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya.
gantungan kunci limbah kayu
Dengan memakai mesin rakitan sendiri, satu per satu kayu dipotong dan diamplas agar serat kayu halus dan mudah mewarnai. Setelah itu, kayu dijemur sampai benar-benar kering. Kerajinan ini dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per item. Berkat keuletannya tersebut, Fauzi mampu mengantongi pendapatan jutaan rupiah tiap bulannya. Kini kerajinan warga desa Ngepung Timur ini tersebar hingga ke luar pulau Jawa.

Fauzi berharap pemerintah setempat segera membangun lahan atau sentra penjualan khusus pernak-pernik, sehingga mempermudah proses pemasaran produk-produknya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait