Situs Toko Online Terfavorit di Indonesia

Minat belanja masyarakat Indonesia masih menempati level tertinggi, jauh diatas rata rata masyarakat global. Orientasi belanja masyarakat pun mengalami perubahan seiring peningkatan teknologi. Itulah mengapa belakangan situs belanja online semakin sigap mencari dan memperluas celah pasar. Apakah situs belanja yang paling populer saat ini?

Minat belanja yang makin tinggi dan kemudian juga perkembangan teknologi yang kian maju merupakan kombinasi yang menyebabkan meningkatkan omset bisnis e-commerce. Sebuah perusahaan global, ComScore, telah merilis data mengenai situs belanja online yang paling digandrungi di Indonesia saat ini. Kajiannya telah dilakukan pada bulan Juli tahun 2014 lalu. Inilah empat besar toko online terfavorit di Indonesia.

toko online favorit
Pada posisi ke empat adalah Zalora yang mendapatkan porsi 5,7% atau sekitar 1,2 juta pengunjung unik dari total 21,8 juta pengunjung seIndonesia. Zalora adalah situs belanja online yang menawarkan pakaian merek lokal dan internasional. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando yang berbasis di Berlin - Jerman.

Lazada.co.id berada pada posisi ketiga sebagai situs tempat belanja online yang paling digandrungi dengan porsi 12,5% atau sekitar 2,7 juta pengunjung unik. Segmen bisnis Lazada tidak sesempit Zalora yang hanya menjual pakaian dan produk fashion saja, tetapi lebih berkembang dengan menjual peralatan elektronik, perabot rumah tangga, juga termasuk produk pakaian. Lazada mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2012 yang merupakan anak perusahaan jaringan internet Rocket Internet (Berlin - Jerman), dan ini artinya ada afiliasi antara Zalora dan Lazada, meski ada segmen yang berbeda pada keduanya.

Di urutan ke dua adalah olx.co.id yang mendapatkan porsi hampir 18,4 persen atau sekitar 4 juta pengunjung unik setiap bulannya. Mungkin nama situs belanja online ini masih belum cukup familiar di tanah air, karena sebelumnya bernama tokobagus.com. Brand  tokobagus.com yang merupakan sebuah situs belanja online yang dimiliki perusahaan asli Indonesia pada 2014 lalu diakuisisi oleh sebuah perusahaan media global dan digital Nerfest yang berbasis di Afrika Selatan. Namanya diubah menjadi olx.co.id singkatan dari Online Exchange. Menariknya, berbeda dengan toko-toko online sebelumnya yang hanya menjual barang-barang baru, di OLX juga ditawarkan produk-produk bekas dan juga jasa penjualan, seperti fashion, mobil, motor, properti, hingga lowongan kerja terlengkap. Situs olx.co.id mulai berdiri tahun 2005.

Yang berada pada posisi pertama adalah situs berniaga.com yang mendapatkan porsi lebih dari 20,5 persen dengan jumlah pengunjung unik mencapai 4,5 juta setiap bulan. Berniaga.com adalah perusahaan patungan yang berbasis Singapura yang berada di bawah PT 701 Search. Kini situs online ini juga diakuisisi oleh OLX sehingga pengunjung yang mengunjungi situs berniaga.com akan langsung dialihkan ke olx.co.id.

Potensi bisnis online yang ada di tanah air cukup besar. Lalu, berapakah nilai pasar e commerce di Indonesia? Pada tahun 2013 menurut data dari Asosiasi Ecommerce Indonesia dan Google Indonesia serta juga dari Taylor Nelson Sofres, ternyata transaksi ecommerce di Indonesia mencapai 94,5 triliun rupiah dan kemudian diproyeksi akan meningkat mencapai hampir 300 triliun rupiah pada tahun 2016. Nilai pasar yang besar tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para produsen ataupun pemilik situs belanja online nasional, sehingga pangsa pasar ini tidak hanya dikuasai oleh perusahaan-perusahaan asing saja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait