Mengintip Bisnis Halal di Kota Roma Italia

Untuk membuka bisnis yang halal bagi umat Islam bisa dilakukan di mana pun, bahkan di kota dengan mayoritas umat Katolik seperti di Roma - Italia. Komunitas Muslim di sana pun bisa membuka bisnis dengan sertifikasi halal. Nah, siapa sangka di kota Roma - Italia dengan mayoritas umat Katolik, anda bisa menemukan wirausaha yang menjual produk halal.

Ahmed Elsayed misalnya, telah membuka usaha daging sapi segar di Roma. Seluruh produk di tokonya berasal dari sapi yang dipotong dengan syariat Islam.

halal eropa
Produk Daging Sapi Halal
Ahmed Elsayed, "Daging halal berarti saat kami menyembelih hewan, kami mengucapkan kata 'Bismillah irrohman irrohim', lalu kami tiriskan seluruh darahnya, sehingga kami mendapatkan daging yang bersih, tanpa darah, dan kualitasnya juga bagus".

Para konsumen di kota itu pun merasa senang karena ada penjual yang menjual daging dengan kualitas baik, seperti pengakuan salah seorang pembeli bernama Ragab Albohic, "Kami membeli daging halal disini, dagingnya bagus, bersih, tanpa darah, dan kualitasnya juga bagus".

Tak cukup sampai di situ, daging halal ini juga telah merambah ke beberapa restoran di kota Roma yang telah menyandang sertifikat halal, seperti restoran halal yang dimiliki oleh Barakat. "Semua daging yang masuk ke restoran kami disembelih dan disertifikasi sebagai produk halal. Di dapur, tidak ada alkohol, wine, atau daging babi yang kami gunakan sebagai bahan baku. Karena di kuliner halal, daging babi dan alkohol itu dilarang. Seluruh masakan kami pun, mulai dari pembelian hingga penataan, semua disertifikasi halal", ucap Barakat.

Tak hanya bisnis makanan, seorang wirausaha di bidang kecantikan pun memutuskan memakai produk-produk bersertifikat halal. "Saya seorang muslim, jadi saya tidak bisa menggunakan produk berbahan alkohol, atau lemak hewan, seperti lemak babi. Kami harus berhati-hati, karenanya kami menyediakan perawatan yang tetap mendukung keagamaan kami sekaligus memuaskan konsumen", ucap Shamel El Faragui, pemilik salon halal di kota Roma.

Sejumlah hotel bintang lima di Italia juga telah memfasilitasi para pengunjungnya yang beragama Islam dengan menyediakan Al Quran di kamar dan masakan dengan bahan-bahan halal. Walaupun belum cukup banyak, namun hal ini menunjukkan bahwa para wirausahawan di kota Roma mulai memperhatikan dan menghormati umat Islam di sana yang kini porsinya sekitar 1,5%. (Sumber referensi Metrotvnews.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait