Menggeluti Usaha Jual Bibit Tanaman via Online

Para pecinta hobi berkebun sering terkendala dengan susahnya memperoleh bibit tanaman yang diinginkan. Tak jarang, kita mesti belanja ke luar daerah untuk membeli beberapa potong bibit tanaman yang kita inginkan. Apalagi jika berburu untuk mendapatkan koleksi bibit unggul, tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Namun, hal itu tampaknya sedikit teratasi karena kini telah tersedia beragam bibit tanaman yang dijual secara online (internet), sehingga sebagai konsumen, kita dengan mudah menemukan jenis bibit yang ingin kita beli. Peluang usaha penjualan bibit tanaman via online ini telah dilakoni oleh Steve Stanley dengan band toko online kebunbibit.id.

usaha jual bibit tanaman
Pria yang tinggal di daerah Malang itu telah menggeluti bisnis online untuk produk bibit tanaman sejak tahun 2012 lalu. Melalui toko onlinenya tersebut, dia menyediakan lebih dari 3.000 jenis bibit tanaman dengan harga bervariasi, mulai dari harga Rp5.000 untuk aneka biji-bijian, berbagai macam pot berharga puluhan ribu rupiah, hingga aneka tanaman bonsai yang dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah. Ide bisnis ini diawali dari keisengannya menjual koleksi tanaman via aplikasi chatting dan media sosial. Berkat keuletannya, bisnis yang didirikan pada 13 Agustus 2012 lalu, saat ini telah berkembang menjadi situs e-commerce terbesar yang menjual tanaman dengan total staff 30 orang.

Untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen, Steve Stenley menjual bibit tanaman yang terjamin kualitasnya, dimana telah melalui tiga tahapan, yakni dari pemilihan bibit unggul, proses perawatan sebelum pengiriman kepada konsumen, hingga proses edukasi setelah tanaman sampai kepada pembeli. Dengan cara ini, ia berharap para pembeli menjadi lebih puas.

Selain itu, pembelian di KebunBibit.id juga menyediakan garansi. Ia menjamin tanaman akan tetap hidup selama 14 hari setelah paket diterima. Garansi lainnya adalah berupa ketepatan spesies dan kultivar. Artinya, ketika konsumen memesan bunga warna putih, tetapi saat berbunga ternyata warnanya berbeda, maka KebunBibit.id akan mengganti ulang seluruh tanaman tanpa dikenai biaya tambahan. Bahkan bibit tanaman yang mengalami kerusakan lebih dari 50% juga akan diganti.

Untuk suplai dan pasokan bibit tanaman yang dipasarkan di internet tersebut, Steve mendapatkannya melalui dua cara, yakni melalui budidaya sendiri dan melaui mitra binaan. Untuk jenis tanaman mahal, bibit diperoleh dari produksi sendiri melalui lokasi pembibitan yang berlokasi di Batu (Malang) untuk tanaman dataran tinggi, dan di Bojonegoro untuk tanaman dataran rendah.

Menurut pengakuan Steve, para pebisnis pemula yang terjun ke bisnis tanaman hias umumnya lebih memilih mengembangkan jenis tanaman hias bunga, terutama bunga mawar (rose). Kebun Bibit milik Steve pun juga  menyediakan bibit tanaman mawar dengan jenis lebih dari 50 varietas. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari harga Rp15.000.

Saat ini, toko online-nya mampu memasarkan lebih dari 200 paket tanaman yang dikirim ke berbagai daerah di Indonesia dengan target utama para pecinta tanaman pemula yang berumur 25-45 tahun. Omsetnya pun lebih dari Rp 400 juta per bulan. Bisnis penjualan tanaman via internet tampaknya cukup prospektif. Hal ini tidak terlepas karena berkebun merupakan salah satu hobi umum dan mulai menjadi gaya hidup di kota-kota besar. Untuk itu, dia pun tak segan-segan membagi-bagikan vaucer dan tanaman gratis bagi para pemula.

Tertarik untuk menggeluti bisnis semacam ini? Ada beberapa poin yang wajib anda perhatikan untuk terjun ke usaha jual bibit tanaman via online, diantaranya:

Pertama, Anda harus menyukai hobi berkebun, karena anda akan lebih memahami dan mendalami kegiatan ini dari sudut pandang konsumen. Yang kedua, anda wajib memiliki pasokan produk (bibit tanaman) yang memadai, yang bisa anda peroleh melalui budidaya sendiri atau pun bekerjasama dengan mitra (petani). Yang ke tiga, anda harus membuat toko online atau sebagai tahap awalnya pemasaran di situs-situs iklan gratis seperti olx.co.id. Dan yang terakhir, agar anda sukses dalam bisnis ini adalah menjaga kualitas produk bibit yang anda kirim ke pelanggan, serta melakukan beragam inovasi dan strategi bisnis seperti yang dilakukan oleh Steve Stenley.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait