Mata Pelajaran Pengelolaan Keuangan di Sekolah Amerika

Menjadi sukses harus dimulai sejak dini. Keyakinan inilah yang membuat salah satu sekolah menengah atas di Amerika Serikat memasukkan mata pelajaran Pengelolaan Keuangan (financial literacy) dalam kurikulum sekolah. Dengan pelajaran mengelola keuangan, diharapkan para siswa memahami cara berhemat dan menabung untuk masa depan mereka.

Walaupun berhitung dengan banyak angka, ini bukanlah kelas matematika, melainkan kelas mengelola keuangan. Salah satu pelajaran utama adalah cara menabung dan mengambil keputusan finansial yang tepat.

pelajaran keuangan sekolah amerika
Menurut pengakuan Camilla Pea, banyak yang mengambil kelas ini karena pemahaman tentang keuangan bisa mengubah masa depan. "Saya mengajak mereka memutuskan untuk masa depan, karena itu yang sulit", ucap Camilla yang merupakan guru pengajar di Charles H. Flowers High School di Springdale - Maryland. Salah satu siswa yang bernama Abiola Bakare mengaku langsung merasakan manfaatnya karena ia bisa menyusun anggaran dan prioritas.

Camilla memberikan contoh berbagai keputusan salah yang sering kali diambil oleh orang dewasa sehingga bangkrut,  misalnya tidak menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan dan belanja berlebihan dengan kartu kredit. Contoh Camella berasal dari kejadian nyata sehingga lebih mengenal dan membuat siswa semakin berhati-hati. 

guru sma amerika
Camilla mengajar kelas finance sejak tahun 2012, dan pada tahun 2014 ia mendapat gelar pengajar keuangan pribadi terbaik dari JumpStart, sebuah yayasan nirlaba yang memasyarakatkan pengelolaan keuangan yang baik. Tak heran kelas Camilla sangat populer tidak hanya di kalangan murid, tapi juga orang tua. Camilla juga mendorong siswa untuk berdiskusi dengan orang tua tentang penghasilan dan pengeluaran rumah tangga sehingga anak-anak dan orang tua bisa belajar dan saling memahami satu sama lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait