Jenis Bisnis yang Ideal untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi kebanyakan kaum hawa, menikah dan memiliki anak merupakan impian tertinggi dalam perjalanan hidup. Impian mulia sebagai pengurus rumah tangga sering kali menjadi pemutus jenjang karir yang telah lama dirintis. Bahkan tak jarang kita lihat sejumlah wanita rela meninggalkan aktivitas perkantorannya demi mengurus suami tercinta dan mendidik anak-anaknya di rumah.

Menjadi seorang ibu rumah tangga terkadang di saat-saat tertentu membawa kejenuhan tersendiri dalam menjalani rutinitas sehari - hari, apalagi ketika saat masih single sudah terbiasa mandiri dan menghasilkan uang sendiri. Nah, untuk mengusir kejenuhan Anda sebagai ibu rumah tangga, anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk menggeluti bisnis rumahan tanpa mengesampingkan tugas utama anda. Jika sukses, maka rasa jenuh dapat terusir, dan keuangan keluarga pun dapat terbantu. Lalu, jenis bisnis apa saja yang cocok bagi ibu-ibu rumah tangga?

bisnis ibu rumah tangga
1. Agen Asuransi
Salah satu pekerjaan sambilan yang bisa anda geluti untuk mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga adalah menjadi agen asuransi. Dengan menjadi agen asuransi, baik itu produk asuransi kesehatan, asuransi properti, ataupun jenis lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk melakoni pekerjaan ini. Bidang usaha asuransi biasanya juga telah memiliki sistem dan mekanisme baku, sehingga Anda tidak perlu terlalu memeras otak untuk menyusun strategi marketing. Jam kerjanya pun sangat fleksibel, bisa anda lakukan kapan saja dan di berbagai kesempatan. Syarat kesuksesan menjadi agen asuransi hanya dua poin, yakni rajin membuka jaringan dan pintar berkomunikasi terutama dalam hal persuasif. Dengan dua tindakan itu, Anda berpeluang memperoleh profit besar.


2. Kerajinan Tangan 
Kreativitas dan keterampilan diri juga dapat berpotensi menghasilkan pendapatan yang menggiurkan. Untuk meminimalkan modal, anda bisa mencoba berkreasi dengan produk-produk limbah, misalnya limbah daun, batok kelapa, maupun kerajinan berbahan kain perca. Jika dulu keberadaan kain perca dianggap hanya sebelah mata, kini banyak pewirausaha yang mampu menyulapnya menjadi kerajinan tangan yang fungsional nan apik, seperti selimut, apron, taplak meja, tas tangan, boneka, maupun aksesoris anak. Untuk sukses di bidang bisnis ini, anda harus membuat karya yang menarik, unik, lucu, dan berbeda dengan produk lain. Silahkan lihat "Gambaran Singkat Memulai Bisnis Kain Perca".

3. Menjadi Penulis
Profesi lainnya yang bisa dilakoni ibu-ibu rumah tangga untuk menghasilkan duit sembari mengurus keluarga adalah menjadi penulis. Menulis buku yang bertema opini, cerita fiksi, resep masakan, pengalaman pribadi mengasuh si kecil, atau cerita perjalanan bersama keluarga adalah ide-ide yang bisa anda tuangkan untuk menjadi buku. Kirimkan hasil tulisan anda ke perusahaan penerbit, majalah, tabloid, atau media online. Selain berguna untuk menambah pemasukan keluarga, apa yang Anda tulis juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Silahkan baca "Langkah-langkah Menjadi Penulis Buku".

Sementara itu, anda juga bisa memanfaatkan media online (blog) untuk menuangkan tulisan anda di internet. Melalui afiliasi dengan Google Adsense atau bisnis jaringan advertising lainnya, anda berpeluang menghasilkan pendapatan bulanan secara rutin melalui penayangan iklan. Silahkan baca "Cara Menghasilkan Uang lewat Internet".

4. Usaha Kuliner
Pengalaman masak memasak di dapur merupakan satu hal yang bisa dioptimalkan untuk menghasilkan uang. Apalagi bila Anda mampu dan lihai berkreasi dengan aneka ragam kue atau masakan tradisional lainnya. Ada banyak cara yang bisa anda tempuh untuk memasarkan produk kuliner anda. Misalnya dengan memakai kamera ponsel, Anda bisa memotret hasil adonan dan mengunggahnya di sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Dalam hitungan hari, bisa jadi Anda langsung ketiban selusin orderan dari calon pelanggan Anda. Selain itu, anda juga bisa menitipkan produk kuliner anda di berbagai pusat perbelanjaan, atau di kantin-kantin perkantoran ataupun di lembaga pendidikan. Dengan iming-iming potongan harga perkenalan, produk makanan anda berpeluang diserbu konsumen. Berikut adalah Tips Sukses Membuka Bisnis Kuliner bagi UKM.

5. Bisnis Produk Kecantikan
Sebagai seorang wanita, sudah kodratnya ingin tampil cantik dan menarik, walaupun sudah berumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga, anda bisa berbisnis menjual produk-produk kecantikan. Dengan rajin mengikuti kegiatan sosial bersama sahabat, tetangga, atau keluarga, seperti arisan, anda berpeluang memasarkan produk kecantikan secara intens. Produk-produk kecantikan yang bisa anda jual biasanya merupakan produk eksklusif yang tidak tersedia di toko-toko dan supermarket, dan biasanya dilakukan dengan sistem afiliasi, misalnya produk Sophie Martin dan Oriflame.

6. Bisnis Tanaman Hias
Anda yang hobi berkebun dapat memanfaatkan kegemaran anda menjadi sebuah peluang bisnis sampingan. Sambil mengasuh anak, anda bisa mengerjakan beragam aktivitas terkait berkebun, bahkan anda pun bisa mengajarkan kepada putra putri anda tentang nilai-nilai keindahan dari sebuah tanaman. Syaratnya anda harus memiliki lahan yang luas, baik itu di belakang atau pun di depan rumah. Tapi, bagaimana jika lahan yang tersisa di rumah anda masih sedikit? Mungkin anda bisa mencoba berwirausaha membuat kebun vertikal seperti yang dijelaskan di link ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait