Ini Gambaran Prospek Bisnis Investasi Hijau

Selain investasi yang berorientasi ekonomi, ternyata investasi juga ada yang berorientasi dengan lingkungan hidup yang umum dikenal dengan investasi hijau. Jika kita membahas mengenai bisnis investasi hijau tersebut, maka kita bisa mencermatinya dengan memahami perkembangan investasi hijau secara global. Menurut data yang diterbitkan oleh World Economic Forum bahwa ternyata terjadi peningkatan untuk tahun 2011 ada 257 miliar dolar amerika untuk investasi seluruh bisnis yang ada di dunia yang berorientasi kepada lingkungan hidup yang sehat.

Ini artinya ada peningkatannya sekitar 17 persen dibandingkan pada tahun 2010. Jika dicermati sejak tahun 2007, ternyata meningkat sebesar 93 persen. Jadi, hanya selang dalam waktu 4 tahun saja sudah terjadi peningkatan hampir 100 persen. Hal ini menandakan bahwa sudah ada keinginan yang cukup besar dari para pelaku industri dan pembuat kebijakan untuk berinvestasi yang lebih ramah lingkungan.

investasi hijauProyeksinya di tahun 2020 nanti, akan ada lima triliun dolar amerika untuk investasi yang berorientasi kepada lingkungan hidup yang mencakup banyak sektor, seperti pertanian, perairan, listrik, industri, bangunan, kemudian juga transportasi, kehutanan, telekomunikasi dan lain sebagainya.

Bagaimanakah estimasi kebutuhan investasi hijau di masing-masing sektor kehidupan? 

Untuk industri dan gedung adalah sektor bisnis yang memang begitu dirasa cukup potensial akan terjadinya investasi besar dengan kebutuhan yang tinggi yaitu 331 miliar dolar amerika. Untuk sektor transportasi yang juga mencakup peralihan atau migrasi penggunaan BBM ke energi baru terbarukan, tampaknya juga akan menjadi salah satu bagian dari investasi hijau di sektor transportasi dengan estimasi mencapai 187 miliar dolar amerika.

Di sektor energi, diperkirakan akan ada aliran dana investasi sebanyak 139 miliar dolar pada tahun 2020 di seluruh dunia khususnya untuk pembangkit listrik dan penemuan sumber energi alternatif lainnya yang ekonomis dan ramah lingkungna. Sementara di sektor kehutanan diprediksi estimasi investasi mencapai 40 miliar dolar amerika.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait