Gambaran Penggunaan Ponsel dalam Mobile Banking

Menurut hasil riset The Buzz City, bahwa hampir seluruh nasabah perbankan telah melakukan penggunaan transaksi pembayaran melalui mobile banking. Namun memang masih ada beberapa yang belum melakukan layanan mobile banking tersebut. Dan memang untuk layanan dari transaksi mobile banking pada saat ini telah melampaui pembayaran melalui kartu kredit dan juga kartu debit.

Seberapa besar sebenarnya trafik penggunaan ponsel yang ada di dunia ini serta bagaimana pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia? Yuk, mari kita ulas bersama!

mobile bankingYang pertama perlu kita cermati adalah trafik tertinggi penggunaan ponsel. Menurut data dari The Buzz City Report yang melakukan survey kepada 3.300 responden dari 23 negara diketahui bahwa negara yang paling besar trafik penggunaan ponsel dalam tiap bulan dengan level mencapai 7,1 miliar adalah India. Kemudian untuk posisi kedua adalah Indonesia sebanyak 5,02 milyar. Sementara jika membandingkan negara-negara tetangga kita, penduduk Malaysia jumlah trafiknya sekitar 802 juta, Thailand jumlah trafik mencapai 249 juta, dan Philipina sebanyak 149 juta.

Negara India dan Indonesia memang merupakan negara yang paling tinggi dalam trafik pemakaian handphone. Dan khusus untuk Indonesia, pada saat ini pemakaian ponsel paling banyak digunakan oleh kaum pria dengan kontribusi sebanyak 66%, dan rentang umur yang sering menggunakan ponselnya adalah 20-24 tahun dengan kontribusi sebesar 32%. Aktivitas apa yang paling sering dilakukan dalam pemakaian ponsel tersebut? Menurut data dari The Buzz City Report, aktivitas yang paling banyak digunakan adalah untuk berkomunikasi (60%), kemudian 21% digunakan untuk membaca atau mencari informasi di internet, dan 19% sebagai gaya hidup dan juga hiburan.

Nah, begitu tingginya trafik pemakaian ponsel di negara India dan Indonesia, apakah keduanya merupakan negara yang penduduknya termasuk paling intens menggunakan layanan mobile banking? Ternyata bukan!!! Dari hasil riset tersebut diketahui bahwa negara Bangladesh pada saat ini merupakan negara yang tingkat pembayaran dengan mobile-payment paling besar di seluruh dunia dengan tingkat mencapai 55%. Kemudian masyarakat Pakistan, ada lebih dari 18 juta orang memakai trafik ponsel sebanyak 52% untuk aktivitas mobile payments, dan di posisi ke tiga adalah Sri Lanka yang tingkat trafik pembayaran lewat ponselnya mencapai 44% setiap bulannya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait