Etsy, Toko Online Kreatif untuk Bisnis Kreatif

Bila ingin belanja online, konsumen di Amerika biasanya yang mereka lirik pertama adalah situs amazon.com. Toko online ini banyak menjual aneka produk mulai dari buku hingga barang elektronik, serta barang baru dan juga bekas tersedia di sana. Di urutan kedua adalah eBay yang juga memungkinkan konsumen menjual barang bekas. Tetapi sejak tahun 2005, ada alternatif lain bagi para konsumen maupun penjual, khususnya penjual kerajinan tangan.

Alternatif tersebut adalah Etsy yang kini punya sekitar satu setengah juta penjual aktif dan hampir 20 juta pembeli. Seorang pakar toko online mengatakan bahwa Etsy adalah penjual online terbesar untuk kerajinan tangan dan barang antik. Perhiasan, perabotan, pakaian, dan produk handmade lainnya. Tak ada perusahaan lain yang mampu menciptakan komunitas seloyal ini.

etsy
Etsy adalah toko online yang menawarkan kerajinan tangan, barang antik, dan kuno oleh penjual pribadi. Sejak berdiri satu dekade lalu, perusahaan ini sudah memiliki satu setengah juta penjual aktif dan hampir 20 juta pembeli. Didirikan pada tahun 2005, Etsy berkembang dari sebuah situs yang menjual barang-barang kayu menjadi komunitas online para perajin yang menawarkan barang kerajinan unik yang tidak diproduksi secara masal. Komunitas Etsy kebanyakan adalah perempuan dan tampak sangat loyal.

Setelah hampir 10 tahun perusahaan penjualan online ini berdiri dan beroperasi secara mandiri, akhirnya kini mereka melakukan penawaran perdana sahamnya alias IPO. Tantangan besar bagi Etsy adalah bagaimana menjaga semangat independen dan artistik yang identik dengan para pengrajin yang menjual lewat Etsy. Di sisi lain, Etsy juga harus membuktikan sebagai perusahaan publik yang mampu memberikan laba bagi para investornya. Bila Etsy terlalu berambisi memperbesar jumlah pengguna, bisa saja semangat independen dan artistik akan terkesan dikorbankan. Keunggulan utama Etsy adalah penjual ditarik tarif relatif rendah sekitar 3,5% dari harga jual. Bandingkan dengan Ebay yang memungut jasa 10% ke penjual atau Amazon yang menarik biaya sekitar 25% dari harga penjualan. Tapi kekurangan Etsy adalah jumlah pengguna aktifnya tidak sebanyak Amazon dan Ebay yang masing-masing punya ratusan juta pengguna di berbagai negara.

Pendapatan perusahaan pemula ini terus naik mencapai lebih dari 195 juta dolar tahun lalu, dan hingga desember kemarin aplikasinya sudah diunduh 22 juta kali. Tapi keberhasilan debut Etsy di pasar saham tetap mengejutkan banyak orang. Dibuka dengan harga 31 dollar saat mulai diperdagangkan di bursa efek pada 16 april, harga saham Etsy sempat melonjak hingga 35 dolar di tengah hari, yakni dua kali lipat lebih dari harga penawaran saham perdananya sebesar 16 dollar per saham. Dalam IPO yang dijuluki sebagai yang terbesar untuk sebuah perusahaan startup ini, Etsy berhasil menjual 13 juta saham lebih dan meraup 260 juta dolar pada hari perusahaan ini Go publik. Tetapi setelah sensasi awal di bursa, harga saham Etsy mengalami penurunan dan memunculkan perkiraan bahwa Etsy akan dijual. Saham Etsy memang turun, tapi kemudian sedikit menguat dan mulai tampak stabil diperdagangkan pada kisaran 25 dolar per saham. Menurut analis, masa depan Etsy masih belumlah jelas.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait