Bisnis Payung dengan Teknologi Inovatif

Hujan yang turun sepanjang hari memang cukup mengganggu aktivitas, ditambah lagi bila kita tidak sengaja meninggalkan payung di suatu tempat di perjalanan. Pengusaha di Kroasia mencoba memecahkan persoalan tersebut. Mereka mendesain payung  yang memanfaatkan teknologi ponsel pintar, yang menjadikannya hampir tidak mungkin hilang tertinggal. 

Payung merupakan salah satu benda yang mudah tertinggal di suatu tempat seperti di kereta, kedai minum, atau di pusat perbelanjaan. Biasanya di saat kita menyadari bahwa payung kita tertinggal, maka sudah terlambat untuk mengambilnya lagi.

payung canggihTapi dengan teknologi terbaru tersebut, masalah itu dapat diatasi. Sekolompok anak muda di Kroasia mencoba memecahkan persoalan ini dengan membangun sebuah bisnis payung yang memiliki bluetooth di dalamnya dan dihubungkan pada aplikasi di ponsel pintar. Ide dasarnya didapat dari komentar teman-teman mereka di facebook, yang kemudian dikembangkan secara cermat dan diberi nama Kisha Umbrella.

"Orang-orang mulai berkomentar di facebook. Ternyata satu masalah besar adalah banyak dari mereka yang kehilangan payungnya. Berlatar belakang hal tersebut kami mulai mengembangkan ide ini," ucap Andrija Colak, sang pendiri Kisha Umbrella.

Aplikasi kisah umbrella akan memberikan peringatan apabila pemilik meninggalkan payungnya di suatu tempat dan menunjukkan dimana keberadaan payung tersebut.

Menurut keterangan salah seorang tim pengembang aplikasi, "Anda dapat menekan aplikasi 'Find My Kisha Umbrella' dan pada peta ponsel anda akan terdeteksi lokasinya, sehingga diketahui dimana lokasi terakhirnya. Anda juga dapat menekan tombol dalam aplikasi tersebut untuk mendapatkan petunjuk jalan menuju lokasi yang dimaksud".

Pemilik juga dapat mengontrol frekuensi peringatan untuk mengatur dimana saja tempat yang aman untuk meletakkan dan menyimpannya, agar saat payung ditinggalkan di dalam rumah atau di kantor, si pemilik tidak akan terganggu dengan nada peringatan dari aplikasi Kisha Umbrella.

Sang pendiri perusahaan start up ini mengaku merasa senang ketika bisa memulai sesuatu dari hal-hal yang sederhana. Membantu memecahkan masalah orang banyak dengan membuat sebuah produk inovatif yang bermanfaat. Berkembangnya produk ini menunjukkan bagaimana jejaring sosial dapat menjadi pemberi inspirasi dan pemecah suatu masalah umum yang dihadapi orang banyak.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait