Bisnis Mahar Pernikahan Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Bisnis yang satu ini ternyata cukup menguntungkan. Bayangkan dalam satu bulan, omsetnya bisa mencapai 15 hingga 20 juta rupiah. Inilah bisnis mahar untuk pernikahan. Mahar atau mas kawin pernikahan kini hadir dengan penuh variasi. Mahar-mahar cantik ini merupakan karya dari Duhita Swastihayu atau yang akrab disapa Asti. Berawal dari kekecewaannya ketika memesan mahar untuk pernikahannya pada tahun 2007 lalu, Asti lalu memutuskan untuk belajar membuat kreasi mahar uang dari buku dan internet. 

Wanita yang berusia 32 tahun ini kemudian memiliki keahlian untuk membentuk uang kertas menjadi lebih menarik. Kelebihan bisnis yang dijalankan Asti adalah pelanggan dapat memesan mahar sesuai keinginan. Mulai dari bentuk kaligrafi, pasangan pengantin, bukit bunga, hingga masjid.

bisnis mahar pernikahan
Menurut pengakuannya, proses yang paling sulit dalam melokani bisnis ini adalah mempadupadankan keinginan pelanggan.

pelaku usaha mahar
Ada bebrapa teknik yang digunakan Asti dalam membuat kreasi maharnya, seperti paper quilling atau seni menggulung kertas, dan origami atau seni melipat kertas. Satu pesanan mahar bisa membutuhkan waktu antara 3 hingga 5 minggu, tergantung tingkat kesulitannya. Setelah Asti menyelesaikan satu karya mahar buatannya, lalu ia memotret dan mengunggahnya di website dan media sosial. Sejak memulai bisnisnya pada tahun 2008, Asti memilih untuk memasarkan produknya secara online, karena pemasaran ini dinilai lebih praktis dan hemat biaya. Jadi tidak perlu beli atau sewa ruko dan tempat, cukup beli domain dan hosting untuk website. Ia juga memanfaatkan facebook dan instagram. 

Di luar itu,  melalui pemasaran online, Asti dapat bekerja dari rumahnya di kawasan Depok - Jawa Barat, sehingga ia bisa memiliki waktu lebih banyak kepada anak-anaknya. Sebagai ibu rumah tangga, Asti harus pintar membagi waktu antara pekerjaan dan keluarganya. Asti menawarkan mahar cantik karyanya mulai dari delapan ratus ribu hingga satu juta dua ratus ribu rupiah. Setelah bisnisnya berjalan hampir 6 tahun, Asti bisa mengantongi omset antara 15 hingga 20 juta rupiah per bulan. (Sumber: NET TV)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait