6 Langkah Mengatasi Kesulitan Keuangan di Tanggal Tua

Ketika memasuki tanggal 20, sebagian orang (khususnya para karyawan) yang memiliki penghasilan bulanan biasanya akan mulai tampak stres akibat kondisi finansial yang mulai menipis. Hidup seakan tak lagi bergairah seolah-olah sudah terasa tua, sehingga pantaslah pada rentang tanggal tersebut sering disebut "tanggal tua". Ketika tanggal muda (awal bulan), nominal keuangan kita biasanya banyak, dan ini memengaruhi gaya hidup kita (boros, hura-hura, dan sebagainya).

Nah ketika tanggal tua, mulailah kita akan merasakan masa paceklik. Agar kondisi yang demikian tersebut bisa anda kurangi, maka anda harus melakukan berbagai upaya. Berikut ini disajikan 6 cara sederhana agar anda tak sulit di tanggal tua.

1. Sebaiknya Anda Memiliki 3 Rekening Bank
tanggal tuaCara paling mudah untuk terlepas dari sindrom "tanggal tua" adalah dengan memiliki minimal tiga rekening bank. Apa tujuannya? Tujuannya agar anda bisa mendistribusikan dan membagikan porsi uang anda berdasarkan kebutuhan hidup anda. Satu rekening digunakan untuk masuk-keluarnya gaji bulanan dan kebutuhan rutin, rekening yang kedua dipakai untuk tabungan sekaligus investasi, dan rekening yang ketiga khusus untuk bersenang-senang. Dengan cara itu, gaji Anda tidak akan langsung lenyap tanpa jejak dalam hitungan kurang dari sebulan saja.

Dengan pembagian rekening tersebut, Anda akan jadi lebih gampang dalam mengatur aliran finansial. Seandainya jika buku rekening yang anda miliki hanya satu, maka anda akan cenderung menghabiskan uang anda dalam satu waktu karena melihat nominalnya yang banyak. Jika anda merasa kurang praktis harus membuka tiga jenis rekening, maka cara gampangnya adalah dengan membagi gaji anda menjadi tiga pos seperti yang disebutkan di atas. Kesuksesannya terletak pada niat dan kedisiplinan anda yang secara konsisten memanfaatkan pos-pos tersebut.

2. Tentukan Cashflow Bulanan Anda
Karakter kritis dan realistis menjadi sifat yang bagus dalam hal keuangan. Ini artinya Anda harus kritis dan realistis dalam mengatur dana anda, karena Anda sendirilah yang paling mengerti kondisi keuangan anda. Jika anda tidak bisa menghindari keinginan anda untuk membeli sesuatu karena sudah saking 'ngebetnya', maka pastikan Anda menghabiskan kurang dari yang Anda dapat selama sebulan. Atur dengan terperinci dan terencana apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda.

3. Cermat dan Bijak dalam Berutang
Ada kalanya ada kebutuhan mendesak yang menyebabkan kita terpaksa mencari utang. Nah, bagi anda pengguna kartu kredit harus menggunakannya secara bijak. Upayakan untuk membayar lunas ketika akan jatuh tempo. Selain itu, ada baiknya anda menghindari pembayaran minimum karena beban bunga akan semakin menumpuk tiap bulannya, sementara penggunaan kartu kredit biasanya tanpa disadari akan terus dilakukan. Yang perlu juga anda cermati adalah memahami dengan seksama terkait tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo. Jangan sampai membayar setelah tanggal tersebut, karena anda akan dikenakan denda keterlambatan yang jumlahnya dapat membebani keuangan anda. Jika memungkinkan, Anda sebaiknya mempunyai dua kartu kredit yang berbeda yang digunakan untuk keadaan darurat dan operasional.

4. Berhemat dalam Pengeluaran Biaya Konsumsi
Banyak orang yang berpenghasilan pas-pasan ternyata mampu memiliki tabungan yang cukup. Salah satu rahasianya adalah mereka mampu mengatur pengeluaran untuk biaya makan. Makan memang merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap orang. Setiap orang tidak mungkin merasa lapar tapi tidak berbuat apa-apa. Anda pasti tidak akan bisa berkonsentrasi jika sedang merasa lapar. Nah, disitulah Anda membutuhkan makan. Makan adalah kebutuhan dasar yang dilakukan secara rutin. Nah, sebenarnya Anda bisa lebih memprediksikan segala sesuatunya dan melakukannya sesuai jadwal harian anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membawa makan dari rumah ke kantor atau lebih sering makan di rumah dibandingkan makan di restoran.

5. Tahan Hasrat Belanja 
Poin ke lima yang wajib anda lakukan adalah menahan keinginan untuk berbelanja barang - barang yang kurang penting. Pakaian misalnya, memang merupakan kebutuhan pokok yang penting, tapi jika anda terlalu mengikuti tren fashion,  maka itu adalah hal yang tidak penting. Karena selama Anda mengenakan pakaian yang layak, Anda akan baik-baik saja. Aturlah hasrat belanja anda dengan membelanjakan apa yang menjadi kebutuhan, bukan didasari oleh keinginan saja.

6. Cari Penghasilan Tambahan
Sembari berupaya menata ulang finansial anda, sebaiknya anda juga mulai memikirkan untuk mencari penghasilan tambahan (ekstra income) yang bisa anda lakukan setelah jam kerja. Anda bisa lihat contoh pekerjaan sambilan yang bisa menghasilkan uang berlimpah pada link ini. Dengan memiliki pendapatan ekstra, anda akan lebih mudah untuk menghilangkan sindrom "tanggal tua" yang bikin pusing kepala.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatur keuangan bulanan Anda, agar Anda tidak terjebak dengan istilah tanggal tua dan terbebas dari tekanan finansial. Salam kerja &  usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait