5 Negara yang Penduduknya Paling Bahagia di Dunia

Apakah hari ini anda sedang bahagia, cukup bahagia, sedikit bahagia, ataukah sangat bahagia? Bahagia memang menjadi idaman bagi semua insan di dunia. Dan ternyata tingkat kebahagiaan itu bisa dihitung dan diukur. Baru-baru ini UN General Assembly merilis laporan mengenai tingkat kebahagiaan para penduduk di tiap-tiap negara di dunia. Negara manakah yang paling membahagiakan? Apakah Indonesia adalah salah satu diantaranya?

Ternyata untuk menghitung kebahagiaan rata-rata masyarakat di suatu negara bisa melalui beberapa indikator. Hal itulah yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dengan melakukan survei terhadap 158 negara yang ada di dunia untuk menentukan negara mana yang paling bahagia.

bahagiaParameter - parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat kebahagiaan penduduk di setiap negara, antara lain terdiri dari: PDB Per Kapita, harapan usia hidup penduduk, dukungan sosial ke masyarakat, kepercayaan pemerintahan dan bisnis, kebebasan keputusan hidup, dan kebaikan hati penduduk.

Negara yang paling bahagia di dunia berdasarkan World Happines Report 2015 yang berada pada posisi pertama adalah Swiss. Negeri ini kembali menjadi negara dengan masyarakat yang paling bahagia di dunia. Negara yang memang terkenal dengan coklat dan juga jam tangannya tersebut ternyata juga memiliki tingkat keamanan paling tinggi. Pada posisi kedua sebagai negara yang rakyatnya paling bahagia ternyata masih diraih oleh negara di kawasan barat laut Eropa, yakni Islandia. Kemudian pada posisi ketiga adalah Denmark, diikuti oleh Norwegia di urutan ke empat. Di peringkat ke lima ternyata merupakan negara yang terletak di benua Amerika, yaitu Kanada. Negara yang beribu kota Ottawa tersebut berada pada posisi kelima sebagai negara dengan masyarakat paling bahagia di dunia.

Lalu negara mana pula yang penduduknya merasa paling tidak bahagia di dunia? Memang tidak menyenangkan bila kita berbicara mengenai hal-hal yang tidak bahagia karena pasti banyak faktor negatif sebagai penyebabnya. Ini adalah lima negara yang paling tidak bahagia di dunia. Negara yang berada pada posisi 158 atau posisi paling buncit yang menjadi negara paling tidak bahagia di dunia adalah Togo, kemudian diikuti Burundi di deretan ke 157. Pada peringkat ke 156 adalah Suriah, kemudian di atasnya adalah Benin, dan rangking ke 154 diduduki oleh Rwanda.

Di negara Suriah memang hingga saat ini masih terjadi konflik dan perang. Berbagai kepentingan juga tampaknya masih saling berbenturan di Suriah, sehingga yang paling menderita adalah masyarakatnya. Beberapa elite politik di sana mungkin tidak merasakannya, dan mungkin negara-negara yang mencoba mengintervensi dalam negeri Suriah juga tidak peduli, sehingga masyarakat Suriah, khususnya anak-anak dan wanita merasakan penderitaan.

Lalu dimana posisi Indonesia? Ternyata Indonesia hanya berada pada posisi ke 74 sebagai negara paling bahagia di dunia. Negara kita masih jauh sekali dibandingkan Singapura yang berada pada posisi ke 24. Singapura adalah negara yang penduduknya paling bahagia di kawasan Asean. Sementara itu, negara tetangga kita, Malaysia berada di peringkat #61, Vietnam di posisi #75, dan Thailand berada di urutan ke 34.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait